Khel3aBnQSR0BmNu45Mv381xUEeXpu2ruVeW8w3f

Cara Mudah Scan Ijazah Dengan HP Android

Cara Mudah Scan Ijazah Dengan HP Android

Cara Mudah Scan Ijazah Dengan HP Android - Di tengah pandemi Covid-19, proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) mayoritas dilaksanakan secara online. Umumnya sekolah-sekolah yang menerapkan PPDB online ini dari jenjang SD, SMP, SMA, atau SMK sederajat.

Konsekuensi dari pelaksanaan PPDB secara online adalah segala persyaratan yang diperlukan seperti akta kelahiran, kartu keluarga, dan ijazah harus di scan terlebih dahulu agar kemudian dapat dikirim.

Dahulu, untuk scan file kita harus mempergunakan mesin scanner yang ada di printer. Namun, semakin meningkatnya teknologi smartphone, membuat kita dapat scan ijazah hanya dengan menggunakan HP saja. Berikut kita akan membahas tutorial cara mudah scan ijazah dengan hanya menggunakan HP android.

Cara Scan Mudah Ijazah Dengan Menggunakan HP Android


Berikut merupakan langkah-langkah untuk scan ijazah hanya dengan menggunakan HP Android.

Langkah 1
Download aplikasi Cam Scanner di play store. Kita tinggal ketikkan "Cam Scanner" di pencarian aplikasi. Atau, bisa juga dengan klik tautan berikut: Unduh.

Install aplikasi cam scanner tersebut di HP android kita. Tunggu sampai proses install selesai.

Langkah 2
Setelah proses install selesai, silakan buka aplikasi cam scanner. Untuk dapat mempergunakan, silakan klik ikon kamera di pojok kanan bawah. Perhatikan gambar berikut.

Menggunakan Cam Scanner
Gambar 1 Membuka Kamera Cam Scanner


Langkah 3
Silakan foto ijazah atau file lain yang akan di scan. Kemudian geser bulatan putih yang ada di pinggir file hingga full seluruhnya ada di pinggir gambar file kita. Jangan sisakan foto di luar foto file kita. Setelah dianggap pas, silakan tekan next. Perhatikan gambar berikut.

Mengatur Lebar File di Cam Scanner
Gambar 2 Mengatur Lebar File Cam Scanner


Langkah 4
Tunggu beberapa saat, maka foto akan berubah sesuai dengan area file kita. Kita dapat mengatur tampilan file dengan klik Modify. Silakan atur Contras, Brightness, dan details.


  • Contras. Silakan geser ke kanan agar warna tulisan lebih jelas.
  • Brightness. Silakan geser ke kanan sampai warna bayangan hitam hilang.
  • Details. Silakan geser ke kanan sampai mentok.
Kita dapat memberikan nama file di bagian pojok atas. Setelah dirasakan file kita cukup jelas, silakan klik "Save". Untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut.

Mengatur Tampilan File Cam Scanner
Gambar 3 Pengaturan Tampilan, Nama, dan Menyimpan File


Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka file hasil scan kita dengan menggunakan Cam Scanner sudah siap dipergunakan.




Related Posts
Putra-Astawa
I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali

Related Posts

2 comments