Khel3aBnQSR0BmNu45Mv381xUEeXpu2ruVeW8w3f

Cara Menghemat Kuota Whatsapp Yang Wajib Diketahui

Cara Menghemat Kuota Whatsapp Yang Wajib Diketahui

Cara Menghemat Kuota Whatsapp Yang Wajib Diketahui - Di masa Pandemi Covid-19, berkomunikasi jarak jauh menjadi pilihan utama banyak orang. Memiliki aplikasi chatting di gawai menjadi sebuah kewajiban.

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Whatsapp. Dengan banyak fitur seperti mengirim pesan, membuat grup, mengirim foto, mengirim video dan masih banyak fitur yang lain membuat aplikasi ini menjadi aplikasi paling populer di google play saat ini. Saat ini, jumlah pengunduh aplikasi ini mencapai 5 Triliyun lebih.

Namun jika tidak berhati-hati, aplikasi whatsapp ini dapat menghabiskan kuota internet kita. Berikut merupakan Cara Menghemat Kuota Whatsapp Yang Wajib Diketahui.


1. Mematikan Fitur Auto Download


Fitur auto download merupakan fitur yan memungkinkan mendownload secara otomatis foto dan video yang masuk ke whatsapp kita. Baik itu whatsapp pribadi maupun di whatsapp grup. Jika tidak dimatikan, seluruh foto dan video yang masuk ke whatsapp kita akan terdownload sehingga akan menguras kuota internet kita.

Berikut cara mematikan fitur auto download Whatsapp

Langkah 1
Buka aplikasi Whatsapp

Langkah 2
Buka ikon titik tiga (pojok kanan atas)

Langkah 3
Pilih menu "Setting"

Langkah 4
Pilih menu "Data and Storage Usage"

Langkah 5
Ada dua pengaturan yang menggunakan fitur auto download. Pengaturan tersebut meliputi: (1) When using mobile data dan (2) When connected on Wi-Fi. Kita pilih menu "When using mobile data" agar dapat menghemat kuota kita.


Langkah 6
Hilangkan centang di semua pilihan mulai dari Photos, Audio, Videos, dan Document. Artinya jika ada foto, suara, video, maupun file dokumen yang masuk ke whatsapp kita, tidak akan terdownload secara otomatis. 

Namun, jangan kahwatir, kita masih dapat mendownload foto, suara, video, maupun dokumen secara manual.


2. Menggunakan Fitur Low Data Usage

Sebenarnya whatsapp sudah memiliki satu fitur untuk menghemat kuota. Fitur ini bernama Low Data Usage. Fitur ini akan membuat whatsapp mengurangi kualitas data yang kita kirim seperti video maupun foto. Tapi jangan kahwatir, penurunan kualitas ini tidak akan terasa namun sangat menghemat kuota. Berikut langkah mengaktifkan Fitur Low Data Usage di Whatsapp.

Langkah 1
Buka aplikasi Whatsapp

Langkah 2
Buka ikon titik tiga (pojok kanan atas)

Langkah 3
Pilih menu "Setting"

Langkah 4
Pilih menu "Data and Storage Usage"

Langkah 5
Di paling bawah, akan ditemukan fitur "Low data usage". Geser tombol di sebelah kanan agar berwarna hijau untuk menghidupkan fitur ini.

Demikian Cara Mudah Menghemat Kuota Whatsapp Yang Wajib Diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.
Related Posts
Putra-Astawa
I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali

Related Posts

Post a Comment