Tidak Semua Guru: Komik Viral di Media Sosial

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, di media sosial viral komik tentang guru. Komik tersebut merupakan karya dari Mr. Y. T dan diwarnai oleh Grace. T. Isi dari komik tersebut sedikit menggambarkan kondisi guru di tengah Pandemi Covid-19. Berikut merupakan "Tidak Semua Guru" komik tentang guru yang viral di media sosial.

Komik Tidak Semua Guru


Bagian 1:

Tidak semua guru tinggal dalam rumah yang nyaman serta dapat dengan mudahnya mereka tunjukkan melalui konferensi video saat mengajar maupun rapat dengan guru lainnya.

Tidak Semua Guru

Bagian 2:

Tidak semua guru mampu membeli perabot rumah tangga yang indah untuk menjadikan rumahnya sebagai tempat belajar yang menyenangkan.

Tidak Semua Guru

Bagian 3:

Tidak semua guru punya cukup waktu dan uang untuk membeli kuota internet agar tetap dapat mengajar murid-muridnya secara instan.

Tidak Semua Guru


Bagian 4:

Tidak semua guru punya waktu leluasa untuk mengajar secara online di rumah. Mereka punya keluarga yang perlu diperhatikan juga.

Tidak Semua Guru

Bagian 5:

Tidak semua guru tinggal dalam lingkungan yang nyaman.

Tidak Semua Guru


Bagian 6:

Tidak semua guru memiliki penghasilan yang cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya bahkan wajib bekerja ekstra tanpa tambahan tunjangan.

Tidak Semua Guru
Bagian 7:

Namun, ada suatu hal yang semua guru miliki dalam setiap keterbatasannya. Meskipun terjadi pandemi, merekapun belajar menyesuaikan diri dengan membuat kelas online serta menyusun strategi pembelajaran, apapun bidangnya.

Tidak Semua Guru

Bagian 8:

Teruntuk para guru dan tenaga pendidik, ketahuilah bahwa: Meskipun jerih lelahmu tidak menjadikanmu terkenal, akan tetapi pekerjaan yang engkau emban setiap harinya amatlah vital.

Tidak Semua Guru

Bagian 9:

Teruntuk semua guru, sungguh kami amat berterimakasih.

Tidak Semua Guru

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon