Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 86 dan 87


”Selamat pagi Bapak, Ibu, dan teman-teman semua. Hari ini, kita akan saling berbagi cerita dan pengalaman tentang persatuan. Saya akan menyampaikan kisah saya mengenai persatuan, lalu saya akan belajar dari kisah teman-teman.”

“Menurut saya, persatuan itu sangat penting, karena dengan bersatu tugas-tugas yang harus kita kerjakan akan menjadi lebih mudah. Dengan adanya persatuan pula kita dapat belajar dari perbedaan-perbedaan yang ada.”

“Saya telah mengalami dan merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah yang murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari Indonesia Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal dari timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan murid-muridnya yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga belajar banyak dari budaya teman-teman saya yang sangat beragam.”

“Bagi sekolah di pelosok kabupaten, bukan hal yang mudah untuk mengirim saya ke sini, karena sekolah kami tidak memiliki cukup biaya. Kepala sekolah kami memiliki cara yang cerdik untuk mengumpulkan dana. Ia meminta bantuan kepada saya dan teman-teman untuk melelang pisang di halaman sekolah. Para pembelinya merupakan pejabat-pejabat di daerah. Pak Bupati, Pak Camat, Pak Lurah, bahkan Ketua RW dan Ketua RT hadir mendukung. Meskipun hanya saya yang datang ke sini, namun di belakang saya semua ikut berpartisipasi. Itulah mengapa saya sudah merasakan bahwa persatuan sangat penting dan berguna.” “Itulah pengalaman saya tentang persatuan. Bagaimana cerita temanteman? Saya juga ingin mendengar dan belajar dari cerita kalian. Terima kasih.”

Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu dapat menilai pidatonya dengan memberi tanda ceklis (v) pada kolom berikut yang sesuai.


NO KRETERIA ADA TIDAK ADA
1 Teks pidato memiliki bagian pembuka v
2 Teks pidato memiliki bagian inti v
3 Bagian inti teks pidato menjelaskan tentang topik yang dibahas dengan lengkap v
4 Bagian inti teks pidato memuat contoh-contoh yang mendukung topik v
5 Teks pidato memiliki bagian penutup v
6 Teks pidato memiliki kalimat ajakan v
7 Teks pidato memberi inspirasi bagi pembaca v
8 Sebagian besar kata yang digunakan dalam teks menggunakan kosa kata baku v

Kamu dapat menuliskan kesimpulan penilaianmu di bawah ini.
Jawaban :
Pidato yang disampaikan sudah memuat unsur-unsur pidato dengan lengkap. Selain itu, pidato juga telah menggunakan kosa kata baku.


Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 89


Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai tahun dan tempat penyelenggaraan SEA-Games. Carilah informasi penyelenggaraan SEA-Games pertama dan lima penyelanggaraan terakhir. Catatlah dalam bentuk tabel sebagai berikut.
Jawaban :


SEAGAMES TAHUN NEGARA KOTA
I 1959 Thailand Bangkok
XXV 2009 Laos Vientine
XXVI 2011 Indonesia Jakarta dan Palembang
XXVII 2013 Myanmar Naypyidaw
XXVIII 2015 Singapura Singapura
XXIX 2017 Malaysia Kualalumpurh




Daftar Isi Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon