Cara Membulatkan Angka di Excell Yang Benar

Cara Membulatkan Angka di Excell Yang Benar - Sebagai guru, kita tentu sering memanfaatkan Excell untuk melakukan pengolahan data. Kegiatan yang sering dilakukan adalah mengolah nilai ulangan dan mengolah nilai rapor. Namun, ternyata banyak guru yang mengalami kesulitan bagaimana cara membulatkan Angka di Excell. Berikut kita akan membahasnya.

Sebagian orang tentu pernah membulatkan angka di excell. Fitur yang sering digunakan adalah dengan mempergunakan Decrease Decimal. Perhatikan gambar berikut ini.

Cara Membulatkan Angka di Excell Yang Benar

Apakah cara ini salah? Jawabannya adalah salah. Jika angka tersebut kita gunakan untuk perhitungan selanjutnya, tentu hasilnya akan berbeda. Misalkan nilai ulangan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia 7,25 jika dibulatkan satu angka dibelakang koma akan menjadi 7,3. Nilai IPA siswa 6,57 jika dibulatkan akan menjadi 6,6. Nilai Matematika 8,05 dibulatkan menjadi 8,1. Jika kita membulatkan dengan fitur Decrease Decimal, maka hasil penjumlahan untuk ketiga mata pelajaran tersebut ternyata hasilnya 21,9. Harusnya penjumlahan tersebut menghasilkan 22,0. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini. (Silakan dicoba di excell untuk membuktikan)

Cara Membulatkan Angka di Excell Yang Benar

Pertanyaannya,bagaiman cara membulatkan angka di excell yang benar? Kita akan bahas berikut ini.

Cara membulatkan di excell dengan menggunakan rumus ROUND. Cara menggunakan adalah dengan mengetikkan =ROUND(angka yang akan dibulatkan;pembulatan). Pembulatan yang dimaksud di sini adalah satu angka di belakang koma, dua angka, dan seterusnya.

Misalkan angka pada contoh di atas adalah nilai Bahasa Indonesia 7,25. Kita ketikkan =ROUND(B1;1). B1 adalah letak angka, dan 1 adalah jumlah angka di belakang desimal. Setelah itu, silakan enter. Maka hasilnya akan menjadi 7,3. Lakukan hal yang sama untuk IPA dan Matematika. Jika sudah, silakan dijumlahkan. Tentu nilainya akan benar.

Demikian postingan mengenai Cara Membulatkan Angka di Excell Yang Benar. Semoga bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali