Pengangkatan CPNS Menjadi PNS Tahun 2019

Pengangkatan CPNS Menjadi PNS Tahun 2019 - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia mengeluarkan peraturan nomor B/500/M.SM.01.00/2019 tentang Pengangkatan CPNS menjadi PNS. Peraturan tersebut dibuat mengingat banyaknya CPNS yang sudah mengikuti masa percobaan selama satu tahun, namun belum diangkat menjadi PNS. Berikut merupakan isi dari Peraturan Menpan RB B/500/M.SM.01.00/2019 tentang Pengangkatan CPNS menjadi PNS.

Pengangkatan CPNS Menjadi PNS Tahun 2019


Berkenaan adanya Galon Pegawai Negeri Sipil {GPNS) yang dalam masa percobaan sebagai GPNS telah melewati batas waktu 1 {satu) tahun dan sampai dengan saat ini belum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS}, bersama ini kami sampaikan penjelasan sebagai berikut :

Dalam Pasal 64 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dinyatakan sebagai berikut :

  1. Masa percobaan bagi Galon PNS dilaksanakan selama 1 {satu) tahun.
  2. lnstansi pemerintah wajib memberikan pendidikan dan pelatihan kepada GPNS selama masa percobaan.
Dalam Pasal 34 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dinyatakan sebagai berikut:

  1. Galon PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 33 wajib menjalani masa percobaan selama 1 {satu) tahun.
  2. Masa percobaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan masa prajabatan.
  3. Masa prajabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan.
  4. Proses pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.
  5. Pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) hanya dapat diikuti 1 (satu) kali.
  6. Pembinaan pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan oleh Kepala LAN.
Dalam Pasal 351 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dinyatakan Calon PNS dengan masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun dan belum mengikuti pelatihan prajabatan sampai dengan Peraturan Pemerintah ini ditetapkan, wajib mengikuti pelatihan prajabatan berdasarkan Peraturan Pemerintah ini da/am jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal Peraturan Pemerintah tersebut diundangkan.

Bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 diundangkan tanggal 7 April 2017 sehingga masa tenggang waktu tersebut sudah melewati batas waktu terhitung tanggal 7 April 2018.

Bahwa berdasarkan ketentuan tersebut, dan untuk menyelesaikan permasalahan CPNS yang belum diangkat menjadi PNS yang melewati batas waktu 1 (satu) tahun, kami minta seluruh PPK agar segera melaksanakan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bagi CPNS yang telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan prajabatan/pelatihan dasar, serta sehat jasmani dan rohani tetapi belum diangkat menjadi PNS, maka PPK segera mengangkat CPNS tersebut menjadi PNS pada awal bulan berikutnya terhitung sejak dinyatakan lulus pendidikan dan pelatihan prajabatan/pelatihan dasar.
  2. Bagi CPNS yang belum mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan/pelatihan dasar, berlaku ketentuan sebagai berikut: 1) Apabila belum mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan/pelatihan dasar karena kesalahan instansi, antara lain tidak tersedia anggaran, yang bersangkutan tidak bisa meninggalkan tugas, diberikan tugas khusus, maka kepada CPNS tersebut harus segera diikutsertakan prajabatan pada kesempatan pertama dan dapat diangkat menjadi PNS setelah memenuhi persyaratan. 2) Apabila belum mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan/pelatihan dasar karena kesalahan CPNS yang bersangkutan maka terhadap CPNS tersebut harus diberhentikan dengan hormat sebagai CPNS.
  3. Pengangkatan CPNS menjadi PNS sebagaimana dimaksud pada angka 2 huruf a dan huruf b angka 1 }, hanya berlaku bagi CPNS yang mengisi formas/pengadaan CPNS tahun 2017 atau tahun sebelumnya dan dilaksanakan paling lambat akhir tahun 2020.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, alas perhatian Saudara Kami ucapkan terima kasih.

Selengkapnya Peraturan Menpan RB B/500/M.SM.01.00/2019 tentang Pengangkatan CPNS menjadi PNS bisa diunduh melalui link di bawah ini.

Peraturan Menpan RB B/500/M.SM.01.00/2019 tentang Pengangkatan CPNS menjadi PNS pdf.

Demikian informasi mengenai Pengangkatan CPNS Menjadi PNS Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali