Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Diterima (Aprove) Tahun 2019

Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Di Aprove Tahun 2019 - NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan merupakan kode referensi yang berbentuk nomor unik bagi pendidik dan tenaga kependidikan sebagai identitas dalam menjalankan tugas pada satuan pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan. Tujuannya adalah meningkatkan tata kelola data pendidik dan tenaga kependidikan, memberikan identitas resmi kepada pendidik dan tenaga kependidikan, dan memetakan kondisi riil data pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan. Berikut saya akan bagikan Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Diterima (Aprove) Tahun 2019. Dalam postingan ini kita akan membahas tentang Syarat Pengajuan NUPTK Tahun 2019 dan Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Diterima (Aprove) Tahun 2019.

Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Diterima (Aprove) Tahun 2019

Syarat Pengajuan NUPTK Tahun 2019


Sebelum mengajukan NUPTK, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan persyaratannya. Berikut ini merupakan persyaratan yang harus disiapkan dalam mengajukan NUPTK.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. ijazah dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan terakhir;
  3. bukti memiliki kualifikasi akademik paling rendah diploma IV (D-IV) atau strata 1 (S-1) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Formal;
  4. bagi yang berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) melampirkan: 1. Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS atau PNS; dan 2. SK penugasan dari Dinas Pendidikan;
  5. surat keputusan pengangkatan dari kepala Dinas Pendidikan bagi yang berstatus bukan PNS yang bertugas pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah; dan
  6. telah bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun secara terus menerus bagi yang berstatus bukan PNS pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang dibuktikan melalui surat keputusan pengangkatan dari ketua yayasan atau badan hukum lainnya.
Setelah seluruh persyaratan tersebut disiapkan, selanjutnya kita akan membahas Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Diterima (Aprove) Tahun 2019.

Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Diterima (Aprove) Tahun 2019


Jumlah guru yang mengajukan NUPTK di seluruh Indonesia mungkin ribuan. Oleh karena itu, dalam pengajuan NUPTK kita harus benar-benar teliti dan memperhatikan hal-hal berikut ini.
  1. Hasil scan persyaratan harus jelas. Sebelum diupload, pastikan file yang discan asli (bukan fotocopy) dan terbaca dengan jelas.
  2. File yang diupload harus berformat pdf.
  3. Jangan sampai salah upload file. Dalam mendaftarkan NUPTK, ada beberapa file yang harus kita upload sekaligus. Kita harus memperhatikan dengan cermat file yang kita upload sudah benar. Jangan sampai file ijazah kita tertukar.
  4. Sering-sering cek progress pengajuan NUPTK kita. Hal ini bertujuan jika ada kesalahan, agar bisa cepat diperbaiki.
Demikianlah Cara Pengajuan NUPTK Agar Cepat Diterima (Aprove) Tahun 2019. Semoga informasi ini bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon