Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019

Bapak Pramuka Indonesia. Mungkin hanya sedikit dari kita yang mengetahui Bapak Pramuka Indonesia. Yang lebih dikenal adalah nama bapak pramuka dunia Lord Baden Powell. Indonesia juga memiliki Bapak Pramuka Indonesia. Nama Bapak Pramuka Indonesia adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX.


Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019

Sejarah Bapak Pramuka Indonesia


Sri Sultan Hamengku Buwono IX memegang peranan yang penting dalam peranan perkembangan gerakan pramuka di Indonesia. Pada tahun 1961, bersama dengan presiden Soekarno, beliau menyatukan organisasi kepanduan yang ada di Indonesia. Tepatnya tanggal 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka Indonesia disatukan dalam satu organisasi. Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat sebagai ketua kwartir nasional gerakan pramuka Indonesia.


Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019


Di tahun 2019, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia mengeluarkan surat edaran Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019. Melalui surat dengan nomor 0129-00-E, Kwarnas meminta seluruh Kwarda dan Kwarcab untuk melakukan kegiatan aksi dengan tajuk "Sehari Pramuka Berbakti". Tujuan kegiatan ini untuk mempringati Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 April 2019.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019 meliputi:
  1. Aksi Peduli Lingkungan, yaitu kegitan bersih-bersih lingkungan (jalan, aliran sungai, sekolah, pantai, dan halaman rumah) dan aksi penanaman pohon.
  2. Aksi Peduli Antar Sesama, yaitu melakukan aksi kerja bakti di lingkungannya, membantu korban pengungsi pasca bencana di wilayah tempat tinggalnya, membantu fakir miskin dan kaum dhuafa, serta aksi bantuan sosial lainnya.
Demikian informasi mengenai Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali