Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap

Pengertian Simbiosis dan Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap - Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dalam suatu ekosistem. Organisme yang terlibat dalam suatu simbiosis disebut dengan simbion. Berikut merupakan Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap.

Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap

Pengertian Simbiosis Mutualisme


Simbiosis merupakan hubungan timbal balik antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda jenis dalam sebuah ekosistem. Hubungan yang terjadi antara induk ayam dan anaknya bukan tergolong ke dalam simbiosis. Begitu juga dengan hubungan antara cacing dengan tanah. Untuk induk ayam dan anaknya, bukan du jenis makhluk hidup yang berbeda. Sedangkan cacing dengan tanah juga bukan merupakan simbiosis. Hal ini disebabkan karena tanah bukan merupakan makhluk hidup. Kata kunci dari simbiosis adalah hubungan timbal balik, dua makhluk hidup, berbeda jenis.

Dalam sebuah hubungan timbal balik, masing-masing individu akan memperoleh dampak yang berbeda. Ada yang diuntungkan, ada yang dirugikan, bahkan ada yang tidak diuntungkan atau dirugikan.


Contoh Simbiosis Mutualisme


Simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik antara dua jenis makhluk hidup berbeda jenis yang saling menguntungkan. Contoh dari simbiosis ini adalah sebagai berikut.
  1. Kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu akan memperoleh nektar, dan bunga dibantu dalam proses penyerbukan.
  2. Ikan badut dan anemon laut. Ikan badut akan mendapat perlindungan dari anemon laut, sedangkan anemon laut akan memperoleh sisa-sisa makanan ikan badut.
  3. Pohon kelapa dan lebah. Pohon kelapa akan dibantu dalam proses penyerbukan, lebah akan memperoleh nektar dari bunga pohon kelapa.
  4. Burung jalak dengan kerbau. Burung jalak akan memperoleh makanan berupa kutu kerbau, kerbau akan lebih nyaman karena kutunya dimakan jalak.
  5. Bunga bangkai dengan lalat. Raflesia merupakan tumbuhan yang mengeluarkan bau tidak sedap. Bau ini memancing lalat untuk hinggap di bunganya. Raflesia akan dibantu penyerbukan, lalat akan memperoleh makanan dari bunga bangkai.
  6. Bunga dengan kumbang. Bunga akan dibantu penyerbukan, kumbang akan memperoleh nektar bunga.
  7. Burung bangau dengan kuda nil. Burung bangau akan memperoleh makanan dengan mamakan kutu yang ada di tubuh kuda nil, sedangkan kuda nil akan nyaman karena kutu parasit ditubuhnya hilang.
  8. Burung plover dengan buaya. Burung plover akan memakan kotoran dan sisa makanan dari buaya, buaya akan lebih nyaman karena dibersihkan oleh burung plover.
  9. Zebra dengan burung oxpecker. Burung oxpecker akan memperoleh makanan dengan memakan kutu yang ada di tubuh zebra, zebra akan merasa lebih nyaman karena kutunya hilang.
  10. Tanaman alga dengan kepiting laba-laba. Tanaman alga biasanya tumbuh di punggung kepiting laba-laba. Sehingga mereka memperoleh tempat tinggal. kepiting laba-laba sendiri akan terbantu dalam proses kamuflase.
  11. Tumbuhan dengan semut rangrang. Makanan dari semut rangrang adalah hama yang ada pada tumbuhan, tumbuhan akan mendapat keuntungan karena hamanya hilang.
  12. Kacang-kacangan dengan bakteri rhizobium. Bakteri rhizobium adalah bakteri yang tinggal di akar tanaman kacang-kacangan. Mereka akan memperoleh makanan dari akar tanaman tersebut. Tanaman kacang-kacangan akan memperoleh nitrogen yang dihasilkan bakteri rhizobium.
  13. Rayap dengan bakteri flagellata. Bakteri flagelata merupakan bakteri yang tinggal di dalam tubuh rayap. Bakteri ini akan membantu rayap dalam mencerna makanan. Bakteri akan memperoleh tempat tinggal, rayap terbantu pencernaan.
  14. Jamur dengan tanaman alga. Jamur membuat lingkungan sekitar tanaman alga menjadi lembab, sehingga tanaman alga bisa tumbuh. Jamur sendiri akan memperoleh hasil fotosintesis.
  15. Manusia dengan bakteri escherchia ecoli. Bakteri akan membantu manusia mempercepat pembusukan makanan, bakteri akan memperoleh makan dari sisa makanan.


Demikian informasi mengenai Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap. Semoga bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali