Juknis Guru Berprestasi SD Tahun 2019

Juknis Guru Berprestasi SD Tahun 2019 - Pemilihan guru berprestasi SD tahun 2019 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud melalui unit Kesharlindung Dikdas. Tujuan dari kegiatan ini addalah meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan keteladanan guru SD di Indonesia. Guna mempersiapkan diri dalam lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019, kami akan membagikan Juknis Guru Berprestasi SD Tahun 2019. Juknis ini terdiri atas Tema Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019, Juknis Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019 PDF, Portofolio Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019.

Juknis Guru Berprestasi SD Tahun 2019

Tema Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019



Di tahun 2019, Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019 mengusung tema "Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Unggul untuk Meningkatkan Pembelajaran Abad 21 dan Era Revolusi lndustri 4.0"


Persyaratan Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019


Persyaratan peserta pemilihan Guru Berprestasi SD Tahun 2019 terdiri adas persyaratan akdemik, persyaratan administratif, dan persyaratan khusus.


Persyaratan Akademik Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019


  1. Peserta memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) sesuai dengan mata pelajaran di sekolah dasar.
  2. Peserta memiliki sertifikat pendidik.

Persyaratan Administratif Lomba Guru Berprestasu SD Tahun 2019


  1. Mengajar di sekolah negeri atau swasta dan tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih ke unit kerja lainnya.
  2. Aktif melaksanakan proses pembelajaran yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
  3. Mempunyai masa kerja sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun sebagai guru secara terus menerus sampai saat diajukan sebagai calon peserta, yang dibuktikan dengan SK Calon Pegaai Negeri Sipil (CPNS) atau SK pengangkatan dari yayasan/pengelola bagi guru bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta mencantumkan NUPTK pada dokumen portofolio.
  4. Melaksanakan beban mengajar sekurang-kurangnya 24 jam per minggu yang dibuktikan dengan fotokopi SK mengajar dari kepala sekolah.
  5. Tidak pernah dikenai hukuman selama 3 (tiga) tahun terakhir yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah yang diketahui oleh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.
  6. Melampirkan bukti partisipasi sebagai pengurus dalam organisasi kemasyarakatan berupa surat keterangan atau bukti fisik, yakti rekomendasi dari penanggung jawab organasasi kemasyarakatan yang disahkan oleh kepala sekolah selama 2 (dua) tahun terakhir.
  7. Melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah bahwa yang bersangkutan merupakan hasil seleksi dari tingkat satuan pendidikan.
  8. Melampirkan SK Camat atau Kordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan tentang hasil seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan untuk seleksi tingkat kabupaten.
  9. Melampirkan SK Bupati/Walikota atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tentang hasil seleksi tingkat kabupaten/kota untuk seleksi tingkat provinsi.
  10. Melampirkan SK Gubernur atau Kepala Dinas Pendidikan Provinsi tentang hasil seleksi tingkat kabupaten/kota untuk seleksi tingkat nasional.
  11. Melampirkan surat pernyataan belum pernah menjadi finalis lomba guru berprestasi tiga tahun terakhir.
  12. Melampirkan surat pernyataan tidak sedang mengikuti lomba tingkat nasional lainnya yang diselenggarakan oleh Kemendikbud pada tahun yang sama dan diketahui oleh kepala sekolah.

Persyaratan Khusus Lomba Guru Berprestasu SD Tahun 2019


Peserta pemilihan guru berprestasi wajib:
  1. Membuat portofolio 3 tahun terakhir.
  2. Membuat dan menyerahkan karya tulis ilmiah dalam bentuk laporan.
  3. Memiliki kinerja dan kompetensi minimal baik.
  4. Mengikuti tes tulis yang diselenggarakan oleh panitia kabupaten, provinsi, dan nasional.
  5. Untuk lomba guru berprestasi tingkat nasional wajib membuat dan menyerahkan video pembelajaran.

Juknis Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019 PDF


Untuk Juknis Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019 PDF, bisa di download melalui link di bawah ini.



Portofolio Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019


Untuk portofolio Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019, ada di dalam Juknis Lomba Guru Berprestasi SD Tahun 2019 PDF.

Demikianlah informasi mengenai Juknis Guru Berprestasi SD Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon