Hari Nusantara Tahun 2018

Hari Nusantara Tahun 2018 - Mungkin hanya sedikit dari kita yang mengetahui tentang hari Nusantara. Bahkan mungkin banyak yang bertanya kapan hari Nusantara? Apa latar belakang hari Nusantara? Kapan ditetapkan hari Nusantara? Menjelang perayaan hari Nusantara 2018, kami akan membahas tentang Hari Nusantara.


Hari Nusantara 2018


Sejarah Hari Nusantara



Perayaan hari Nusantara tidak bisa terlepas dari Deklarasi Djuanda yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Indonesia Tahun 1957 yaitu Djuanda Kartawidjaja. Deklarasi tersebut berisikan pernyataan bangsa Indonesia kepada dunia bahwa "Laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, diantara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI." Pernyataan ini menjadi menghapuskan peraturan jaman Belanda yang menyebutkan bahwa pulau-pulau di wilayah Nusantara dipisahkan oleh laut di sekelilingnya dan setiap pulau hanya mempunyai laut sekeliling sejauh 3 mill dari garis pantai.  (Sumber : Wikipedia)

Hari Nusantara secara resmi ditetapkan melalui Keputusan Presiden NOMOR 126 TAHUN 2001 TENTANG HARI NUSANTARA. Dasar dari keluarnya keputusan tersebut adalah:

  1. bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan nusantara yang memiliki laut terluas, jumlah pulau terbanyak, dan pantai terpanjang kedua di dunia, patut disadari, disyukuri, dan dikelola sebaik-baiknya oleh segenap bangsa Indonesia;
  2. bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan nusantara terbesar di dunia tersebut diperoleh melalui perjuangan panjang yaitu sampai dengan ditetapkannya Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsabangsa (UNCLOS) 1982 yang mengakui prinsip-prinsip negara kepulauan nusantara (archipelagic principles), yang diawali dengan diumumkannya “Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957;
  3. bahwa tanggal 13 Desember tersebut dipandang perlu ditetapkan dan diperingati sebagai hari raya nasional, dengan sebutan Hari Nusantara, yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden. 


Hari Nusantara Tahun 2018



Di tahun 2018, perayaan Hari Nusantara dilakukan pada tanggal 13 Desember 2018. Sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri, perayaan hari Nusantara 2018 dilakukan seperti di bawah ini.

  1. Tema peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 adalah "Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh Melalui Deklarasi Djuanda"
  2. Puncak peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2018 di Kabupaten Binggai, Provinsi Sulawesi Selatan.
  3. Setiap instansi dihimbau untuk melakukan upacara peringatan Hari Nusantara.
  4. Setiap instansi dan sekolah diharapkan memasang spanduk peringatan Hari Nusantara 2018.
  5. Melakukan bersih-bersih laut tanggal 12 Desember 2018.
Demikian informasi mengenai Peringatan Hari Nusantara 2018. Semoga bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali