Soal HOTS Matematika Perkalian Bilangan Untuk SD Beserta Cara Menjawabnya

Soal HOTS Matematika Perkalian Bilangan Untuk SD Beserta Cara Menjawabnya - Soal HOTS berbeda dengan soal sulit. Soal HOTS adalah soal yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal jenis ini bisa dikembangkan dari soal yang sederhana.

Sebagai contoh, kita sering memberikan soal operasi perkalian kepada siswa.
Misalkan 160 x 25 = ....

Soal tersebut belum bisa digolongkan ke dalam soal HOTS. Karena siswa tidak perlu menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk menjawabnya. Dengan menggunakan hitung susun perkalian, siswa akan mampu menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dari soal sederhana seperti itu, kita bisa membuat soal HOTS. Caranya adalah dengan mengubah sedikit soal. Perhatikan gambar berikut.
Contoh soal HOTS Matematika
Tentukan nilai A, B, C, D, dan E dari soal tersebut!

Materi yang diujikan dalam soal tersebut, sama dengan materi awal tadi yaitu perkalian. Dengan menyuruh siswa mencari bilangan A, B, C, D, dan E siswa akan berpikir lebih tinggi lagi. Mereka akan berusaha menggunakan konsep-konsep yang sudah pernah mereka pelajari sebelumnya.

Bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut?

Berikut ini akan saya berikan alternatif cara menyelesaikan soal tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan ada cara lain yang lebih sederhana dan mudah dalam menyelesaikan soal tersebut.

Langkah pertama
Untuk mencari bilangan 3 digit (A, B, dan C) kita bisa mencari Faktor Persekutuan Terbesar dari 1410 dan 705. Kita bisa mencari dengan menggunakan pohon faktor.



Berdasarkan pohon faktor tersebut, maka FPB dari 1410 dan 705 adalah 3 x 5 x 47 = 705. Jadi tiga digit bilangan atas (A, B, dan C) adalah 705.

Langkah 2
Untuk mencari bilangan D dan E, kita tinggal membagi hasil perkalian dengan bilangan 705. Perhatikan kembali hasil perkalian tersebut, hasil perkalian tersebut adalah 8460. Jadi untuk bilangan D dan E kita bisa cari dengan 8460 : 705 = 12.

Jadi bilangan yang menempati A, B, dan C adalah 705 dan bilangan yang menempati D dan E adalah 36.

Demikianlah Soal HOTS Matematika Perkalian Bilangan Untuk SD Beserta Cara Menjawabnya. Apabila ada yang memiliki cara mengerjakan yang lebih simpel, bisa sharing di kolom komentar. Begitu juga, jika cara tersebut ada kekeliruan, bisa dikoreksi melalui kolom komentar.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon