Hari Raya Deevapali 2018

Hari Raya Deevapali 2018 - Apa itu Deevapali? Mungkin itu pertanyaan pertama yang kita utarakan saat mendengar kata Deevapali. Iya, dalam wikipedia hari raya Deevapali merupakan salah satu hari raya suci pemeluk Agama Hindu di India. Dalam Agama Hindu, Deevapali berarti "Festival Cahaya".

Hari Raya Deevapali 2018
Lampu Deevapali


Apa itu Deevapali?

Deevapali adalah perayaan kemenangan kebaikan atas keburukan. Pada saat acara Deevapali, pemeluk Agama Hindu akan menyalakan lampu sebagai sebuah tanda perayaan dan harapan manusia. Selain lampu, dalam perayaan Deevapali juga boleh menggunakan kembang api.

Cerita Deevapali

Deepavali merupakan perayaan kemenanga kebaikan atas kejahatan. Perayaan ini sebagai wujud suka cita masyarakat atas kembalinya Rama ke Ayodya setelah selama empat belas tahun mereka hidup dalam pembuangan. Dalam pembuangan di hutan, Rama berhasil membunuh raksasa jahat yang bernama Rahwana yang menculik isterinya. Ketika Rama, Laksamana dan Sitha kembali ke Ayodya, rakyat menyalakan pelita di sepanjang jalan sebagai penuntun dari kegelapan.

Perayaan Deevapali di India dilaksanakan selama enam hari. Rangkaian perayaan tersebut adalah seperti berikut.
  1. Hari pertama disebut dengan Vasu Daras. Perayaan tersebut diperuntukan bagi hewan sapi. Dalam kepercayaan Hindu, sapi dipandang sebagai hewan yang suci. Perayaan Vasu Daras ini mengacu pada cerita Raja Pithu yang menyelamatkan rakyatnya dari kelaparan dengan cara menangkap "Bumi (sapi)".
  2. Hari kedua disebut dengan Dhan Teras. Hari itu merupakan peringatan atas munculnya Dewa Dhenvantari dari dalam lautan. Hari tersebut juga dipercaya sebagai hari baik bagi umat Hindu untuk membeli barang berharga seperti emas dan perak karena dipercaya akan membawa keberuntungan sepanjang tahun.
  3. Hari ketiga disebut dengan Neraka Chaturdashi. Pada hari itu diperingati kemenangan Krisna melawan raksasa Narakasura.
  4. Pada hari keempat disebut dengan Laksmi Puja. pada hari itu dilakukan pemujaan terhadap Dewi Laksami sebagai Dewi pembawa kesejahteraan, dan Dewa Ganesha sebagai Dewa pembawa keberuntungan.
  5. Hari kelima disebut dengan Bali Pratipada. Pada saat itu, diperingati kemengan Krisna yang berhasil menyelamatkan rakyat dan sapi dengan mengangkat Bukit Govhadana.
  6. Hari keenam disebut dengan Yama Dwitya. Pada hari itu diperingati sebagai hari kunjungan Yama (Dewa Kematian) kepada adiknya Yami.
Di tahun 2018, Deevapali diperingati pada tanggal 7 Nopember 2018.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon