Buku Penilaian HOTS 2018

Buku Penilaian HOTS 2018 - Setelah sebelumnya kami share buku panduan pembelajaran HOTS tahun 2018 (Baca: Buku Panduan Pembelajaran HOTS 2018), kali ini kami bagikan Buku Penilaian HOTS 2018.

Buku Penilaian HOTS 2018


Buku ini merupakan panduan dalam melakukan penilaian berorientasi HOTS di sekolah. Seperti yang kita tahu, salah satu perubahan kurikulum 2013 di tahun 2018 adalah penerapan pembelajaran HOTS dan pemberian soal-soal HOTS kepada siswa. Dalam buku ini diberikan penjelasan bagaimana menyusun soal HOTS.

Soal HOTS tidak sama dengan soal sulit (Difficulty’ is NOT same as higher order thinking). Mungkin selama ini, kita beranggapan soal susah merupakan soal HOTS. Tapi, ternyata anggapan tersebut salah. Soal HOTS adalah soal yang menuntut siswa berpikir tingkat tinggi.

Berikut merupakan satu contoh soal HOTS yang terdapat dalam Buku Penilaian HOTS 2018.

Alif selalu sarapan dengan terburu-buru karena takut terlambat masuk sekolah, ternyata kemudian lambungnya sakit. Sesuai kasus tersebut, apa yang menyebabkan Alif sehingga bisa mengalami sakit lambung?

  1. Karena terburu-buru amilum tidak berubah menjadi maltose, sehingga lambung meneruskan proses perubahan tersebut
  2. Karena terburu-buru makanan tidak bercampur dengan air liur, sehingga lambung kekurangan cairan untuk mencernanya
  3. Karena terburu-buru protein pada telur tidak mengalami pencernaan kimiawi dengan baik sehingga lambung melanjutkannya merubah protein menjadi pepton
  4. Karena terburu-buru makanan tidak dikunyah dengan halus sehingga lambung harus bekerja lebih untuk menghaluskan makanan
Selengkapnya Buku Penilaian HOTS 2018 bisa diunduh melalui link di bawah ini.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon