Tabel Angka Kredit Guru Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah Terbaru

Tabel Angka Kredit Guru Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah Terbaru - Naik pangkat bagi guru merupakan suatu kewajiban. Dengan naik pangkat, maka panghasilan guru setiap bulan akan bertambah. Selain itu, ada beberapa wacana yang manyebutkan guru yang tidak naik pangkat dalam beberapa periode akan mendapat sanksi tertentu.

Agar bisa naik pangkat, guru harus memenuhi berbagai pesryaratan. Dua yang terpenting adalah pengembangan diri dan publikasi ilmiah/karya inovatif.

Pengembangan Diri Guru

Pengembangan diri merupakan usaha guru untuk meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Peningkatan ini bisa dilakukan melalui pelatihan. Agar bisa dihargai dalam angka kredit, pelatihan yang diikuti guru minimal harus mencapai 32 JP.


Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif Guru

Publikasi Ilmiah/Karya Ilmiah merupakan usaha guru untuk menghasilkan sebuah karya. Karya yang dibuat dapat berupa karya tulis (penelitian, artikel, karya sastra). Umumnya guru lebih memilih membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai karya ilmiah.

Untuk masing-masing golongan ruang, angka kredit yang disyaratkan berbeda-beda. Sebagai contoh, dari golongan 3a ke golongan 3b, guru harus memiliki nilai angka kredit 3 untuk pengembangan diri dan tidak perlu membuat karya ilmiah.

Tabel Angka Kredit Guru Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah Terbaru dapat dilihat melalui tabel di bawah ini. Tabel ini sudah mengacu pada Permeneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 Pasal 17. Selain itu, angka kredit ini tertuang pada buku 4 naik pangkat guru revisi 2016.

Tabel Angka Kredit Guru Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah Terbaru
Demikian postingan mengenai Tabel Angka Kredit Guru Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah Terbaru. Semoga bermanfaat.


I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon