Penerimaan Makalah Jurnal Matematika 2018

P4TK Matematika kembali membuka kesempatan bagi guru yang ingin mempublikasikan karya tulis ilmiah melalui jurnal online IDEAL MATHEDU Tahun 2018. Jurnal online ini akan diterbitkan dengan nomor 9 tahun 2018.

Penerimaan Makalah Jurnal Matematika 2018


Nashkah karya tulis harus berupa karya tulis dengan materi matematika. Pengiriman karya ini terbuka untuk guru Matematika dan tenaga kependidikan Matematika di seluruh Indonesia.

Pengiriman naskah dilakukan melalui email: ejournal@p4tkmatematika.org, cc idealmathedu@gmail.com . Paling lambat naskah dikirimkan tanggal 30 Oktober 2018.

Artikel yang dibuat maksimal 10 halaman A4. Format template makalah wajib mengikuti format yang telah ditentukan oleh PPPPTK Matematika. Template dapat diunduh pada link: Template Jurnal Ideal Mathedu No. 9 Tahun 2018.

Ruang Lingkup Makalah yang boleh dikirimkan antara lain:

  1. Kurikulum sekolah 
  2. Matematika sekolah (SD/SMP/SMA/SMK) 
  3. Manajemen pendidikan 
  4. Media pembelajaran 
  5. Penilaian pendidikan 
  6. Proses pembelajaran 
  7. Kebijakan pendidikan 
  8. Pendidikan untuk anak berkebutuhan Khusus 
  9. Pendidikan informal dan nonformal 
  10. Fasilitasi Pendidik/Tenaga Kependidikan 
  11. Bidang-bidang lain yang masih terkait.

Jenis Makalah Makalah/artikel dapat berupa: Kajian teoritis, misalnya studi analisis teks, critical review, studi perbandingan teks, meta-analisis, penelitian matematika (sekolah) seperti: alternatif pembuktian teorema, membentuk teorema baru atau algoritma baru, dan semacamnya.

Penelitian, misalnya PTK, studi komparasi, studi korelasi, studi sebab-akibat (kausal korelasi), analisis faktor, studi prediksi atau regresi, studi kasus, survey, studi deskriptif, dan lain-lain. Pengembangan, misalnya pengembangan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar, pengembangan sistem seleksi/penerimaan, pengembangan sistem penilaian, dan semacamnya. 

Penelitian dan pengembangan yang dilakukan tidak lebih dari 2 tahun sebelum karya tulis dikirimkan. Naskah yang dikirimkan ke redaksi merupakan naskah yang belum pernah dikirim / dipublikasikan ke media publikasi ilmiah apapun.

Bagi naskah yang pernah dikirimkan ke Redaksi IDEAL MathEdu namun belum dimuat, apabila belum pernah dipublikasikan di media lain, dapat dikirim ulang sesuai prosedur di atas.

Untuk contoh artikel yang dimuat dalam jurnal online Ideal Mathedu bisa dilihat melalui link berikut ini.


  1. Volume V No.8 Tahun 2018 
  2. Volume IV No.7 Tahun 2017 
  3. Volume IV No.6 Tahun 2017 
  4. Volume III No.5 Tahun 2016 
  5. Volume III No.4 Tahun 2016

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon