Mengenal Teknologi 5G Asian Games 2018

Salah satu teknologi spektakuler yang dipergunakan dalam Asian Games 2018 adalah penggunaan teknologi 5G. Hal ini bertujuan untuk mempercepat koneksi dalam mengirimkan siaran berita. Sebenarnya apa itu 5G? Apakah keunggulan dari 5G? Mungkin ulasan berikut ini memberikan kita gambaran tentang teknologi 5G.

Mengenal Teknologi 5G Asian Games 2018

5G merupakan akronim dari Fifth Generation (Generasi Kelima) dari standar telekomunikasi seluler. Teknologi ini merupakan penyempurnaan dari teknologi 4G yang sudah resmi dirilis. Diperkirakan teknologi 5G ini akan diliris di tahun 2020.

Teknologi 5G memiliki banyak keunggulan. Berikut merupakan keunggulan teknologi 5G.

  1. Kecepatan internet bisa mencapai 800Gbps. Namun dalam pelaksanaan Asian Games, operator seluler XL yang mencoba menerpkan teknologi 5G hanya bisa mencapai kecepatan 11,33 Gbps.
  2. Dapat dihubungkan dengan perangkat seperti telepon, mobil ataupun perangkat rumah tangga. Dalam Asian Games 2018, teknologi 5G dari telkomsel dipergunakan untuk menggerakkan mobil tanpa supir.
Kecepatan yang tinggi memang menjadi idaman semua orang. Dengan hadirnya teknologi 5G, mendownload 33 film dengan resolusi High Definiton dapat dilakukan dalam beberapa detik saja.

Untuk bisa menikmati teknologi ini, kita harus memiliki perangkat yang suport teknologi 5G. Tapi, tidak usah kahwatir, seandainya teknologi 5G resmi dirilis di Indonesia, maka produsen telepon seluler juga akan mengeluarkan produk yang suport ke 5G.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon