Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Ini Penyebabnya

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Ini Penyebabnya - Thailand adalah sebuah negara kecil yang terletak di kawasan asia tenggara. Negara ini juga menjadi salah satu negara pelopor terbentuknya ASEAN. Melalui perdana menteri saat itu Thanat Khoman, Thailand menjadi salah satu dari lima negara yang menandatangani Deklarasi Bangkok.

Mengapa thailand tidak pernah dijajah


Walaupun terletak di kawasan asia tenggara, Thailand merupakan negara yang sangat istemewa. Negara ini merupakan satu-satunya negara yang mengklaim dirinya tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Sehingga Thailand merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tidak memiliki hari kemerdekaan.

Sebagaimana kita tahu, invasi bangsa-bangsa Eropa ke kawasan asia (khususnya Asia Tenggara) sangat besar. Hampir seluruh negara yang ada di kawasan Asia Tenggara mengalami masa penjajahan. Sumber daya alam yang ada, diambil dan dibawa ke Eropa.

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah? Mungkin pertanyaan itu muncul di benak kita. Apakah Thailand tidak memiliki sumber daya alam yang bisa diambil oleh bangsa Eropa? Apakah Thailand memiliki tentara yang kuat? Ataukah ada alasan lainnya.

Untuk mengetahui penyebab negara Thailand tidak pernah dijajah, bacalah uraian berikut ini.

Berdasarkan sejarah, Thailand memang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa. Namun, Thailand sendiri pernah diserang dan di dudukan oleh Kerajaan Burma dari Myanmar. Dahulu kerajaan ini terkenal sangat kuat, sehingga mampu menginvasi kerajaan-kerajaan lainnya.

Karena serangan tersebut, Burma berhasil menguasai kota Ayuthayya. Ayuthayya merupakan ibu kota Thailand. Untuk mengembalikan Ayuthayya, Thailand memindahkan ibu kotanya ke Bangkok. Di sana mereka menyusun kekuatan untuk merebut kembali Ayuthayya.

Bagaimana dengan negara Eropa?

Untuk negera Eropa, Thailand memang tidak pernah dijajah. Penyebabnya adalah karena Kerajaan Thailand sangat terbuka pada bangsa asing. Raja Thailand King Rama V bahkan mengirim keluarganya untuk belajar di eropa. Selain itu, dia juga meminta masyarakatnya untuk berpakaian separti bangsa-bangsa eropa.

Selain itu, Thailand juga menyewa arsitek-arsitek eropa untuk membangun benteng-benteng pertahanan. Sekitar 14 benteng pertahanan dibangun untuk melindungi Thailand dari serangan musuh-musuhnya. Thailand juga berani membayar tentara Eropa (Portugis dan Belanda) untuk melindungi mereka dari serangan kerajaan-kerajaan di sekitarnya (China dan Burma).

Penyebab lain adalah karena Negara Thailand pada masa itu menjadi buffer state (perbatasan)wilayah para kolonialis Eropa, antara Inggris di utara dan selatan, Prancis di Indocina dan Belanda di Hindia Belanda.

Demikianlah jawaban Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah. Semoga bisa bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon