Lomba Inobel Guru SLB Tahun 2018

Lomba Inobel Guru SLB Tahun 2018 - Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar kembali menyelenggarakan Lomba Inobel Guru SLB Tahun 2018. Lomba ini diperuntukkan bagi guru-guru yang mengajar di SDLB, SPPPI atau program CIBI.

Panduan Lomba Inobel Guru SLB Tahun 2018


Kriteria Peserta
Persyaratan peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SLB/SKh dan guru SPPPI atau program CIBI jenjang pendidikan dasar Tahun 2018, adalah:

  1. Guru PNS/Bukan PNS SLB/SKh dan guru SPPPI atau program CIBI jenjang pendidikan dasar yang direkomendasi oleh atasan langsung dan/atau Dinas Pendidikan Provinsi (rekomendasi dilampirkan);
  2. Melampirkan biodata;
  3. Surat keterangan sehat dari dokter;
  4. Pemenang lomba inovasi sebelumnya dapat mengikuti dengan melampirkan karya inovasi pembelajaran yang berbeda;
  5. karya inovasi pembelajaran yang dikirimkan telah diimplementasikan, disertai surat keterangan dari atasan langsung dan/atau Dinas Pendidikan Provinsi.

Penulisan Naskah Lomba Inovasi Pembelajaran
Penulisan naskah dan produk lomba karya inovasi pembelajaran yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SLB/SKh dan guru SPPPI atau program CIBI jenjang pendidikan dasar tingkat Nasional Tahun 2018 harus memenuhi persyaratan teknis sebagai berikut:

  1. Naskah inovasi pembelajaran bagi guru SLB/SKh dan guru SPPPI atau program CIBI jenjang pendidikan dasar tingkat nasional disusun dengan ketentuan: (a) ukuran kertas A4; (b) orientasi vertikal (portrait); (c) garis tepi (margin): atas 4 cm, kiri 4 cm, bawah 3 cm, dan kanan 3 cm; (d) jenis huruf: Times New Roman; (e) ukuran huruf (font) 12pt; (f) spasi 1 ½;
  2. sampul warna: (a) Merah untuk bidang karya Inovasi Pembelajaran SDLB. (b) Kuning untuk bidang karya Inovasi Pembelajaran SMPLB. (c) Biru untuk bidang karya Inovasi Pembelajaran SD penyelenggara Inklusif/Program CIBI. (d) Hijau untuk bidang karya Inovasi Pembelajaran SMP penyelenggara Inklusif/Program CIBI.
  3. Melampirkan hasil karya inovasi pembelajaran yang telah diimplementasikan dalam bentuk gambar/photo. Contoh sistematika penulisan naskah karya lihat Panduan.

Penilaian

  1. Seleksi administrasi : (a) Kelengkapan dokumen dan kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan pedoman merupakan persyaratan utama. Seleksi tahap ini dilakukan oleh panitia menggunakan Instrumen pada lampiran 5. (b) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
  2. Seleksi Naskah dan Produk Naskah dan produk dari dokumen yang lolos dari seleksi administrasi, selanjutnya dinilai oleh juri dengan menggunakan (1) tes similaritas, (2) Instrumen Penilaian Naskah dan Produk Pembelajaran Guru SLB Instrumen A pada lampiran 5.
  3. Penilaian Presentasi Karya Inovasi Peserta yang terpilih ke dalam tiga besar mempresentasikan karya inovasi pembelajaran di hadapan juri dan dinilai dengan menggunakan Instrumen 5.B pada lampiran 5.
Untuk lebih lengkap, silakan Download Lomba Inobel Guru SLB Tahun 2018

PANDUAN
LOMBA INOBEL GURU SLB TAHUN 2018
Jenis Buku
Panduan
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Kemendikbud

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon