Lomba Desain Meme 2018 Santri Mellenial Competitions

Berkenaan dengan perayaan hari santri nasional, kemenag melalui Direjen Pendidikan Islam menyelenggarakan kontes desain meme tahun 2018. Berikut merupakan ketentuan dalam Lomba Desain Meme 2018 Santri Millenial Competitions.

Lomba Desain Meme 2018 Santri Mellenial Competitions


Tema yang diusung dalam kontes desain meme ini adalah:
Umum : “Saya Muslim, Saya Moderat, Saya Indonesia”.
Santri : “Saya Santri, Saya Moderat, Saya Indonesia”.

Syarat dan Ketentuan Peserta:
Syarat dan ketentuan peserta dalam kontes desain meme ini adalah sebagai berikut.

  1. Peserta dibagi dalam dua kategori: Umum dan Santri atau kalangan pesantren, termasuk dewan asatidz/asatidzah.
  2. Peserta dalam perlombaan ini adalah perseorangan (individu).
  3. Peserta tidak dipungut biaya apapun.
  4. Peserta harus mengisi formulir pendaftaran lengkap yang dapat diunduh pada bagian akhir ketentuan untuk kemudian dicetak, diisi, dan dikirimkan kepada panitia dalam format pdf yang berisi keterangan mengenai data diri dan informasi video yang diperlombakan ke alamat email: harisantri2018.kemenag@gmail.com paling lambat tanggal 28 September 2018 dengan melampikran tanda pengenal.
  5. Peserta kategori santri wajib melampirkan scan kartu tanda santri atau surat keterangan sebagai santri/ustadz-ustadzah dari pesantren terkait saat mengirimkan formulir pendaftaran
  6. Peserta wajib memfollow akun media sosial Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pesantren yang meliputi: Facebook: Pendikan Pesantren; twitter: @Ppesantren; instagram: @pendidikanpesantren; dan subscribe channel Youtube: Pdpontren Channel yang dibuktikan dengan screenshoot yang dikirimkan bersamaan dengan waktu peserta mengirim video dan formulir pendaftaran.
  7. Desain meme yang diperlombakan harus mampu menyampaikan pesan-pesan moderasi Islam dengan karakter rahmatan lil alamin yang mengedepankan sikap toleransi, menjaga perdamaian dan kerukunan antar umat beragama, menyebarkan kasih sayang sesama umat manusia, mampu menyeimbangkan antara kepentingan berbangsa dan beragama, dan lain sebagainya.
  8. Desain meme merupakan karya sendiri, bukan hasil jilpalakan/plagiasi, tidak pernah dilombakan sebelumnya dan belum pernah dipublikasikan dalam media apapun (termasuk media sosial).
  9. Apabila desain meme menggunakan materi yang memiliki hak cipta, maka peserta wajib menyertakan izin dari pemilik hak cipta
  10. Genre, model, dan metode bebas sesuai dengan kreatifitas peserta.
  11. Desain meme tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; kesusilaan, moral, dan SARA (Suku, Agama, dan RAS) tertentu, kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi.
  12. Desain meme dikirim pada penyelenggara melalui alamat email: harisantri2018.kemenag@gmail.com paling lambat tanggal 28 September 2018 pukul 23.59 WIB dengan subjek: KDM (spasi) Nama (spasi) Judul Desain Meme (spasi) No. HP. Contoh: KDM Zainal Bersama Dalam Kebhinnekaan 0856 4189 3897.
  13. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 desain meme.
  14. Desain meme dikirim dalam bentuk JPG/JPEG.
  15. Desain meme yang dikirimkan sepenuhnya menjadi hak penyelenggara dan penyelenggara berhak menggunakannya untuk kepentingan publikasi apapun.
  16. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas objek dalam desain meme atau penggunaan model dari desain meme yang dilombakan.
  17. Penyelenggara berhak mendiskualifikasi dan membatalkan pemenang lomba jika di kemudian hari ditemukan kecurangan yang dilakukan peserta.
  18. Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi Santri Millennial Competitions dengan narahubung : Muhammad : +62 856 5546 0959, Herman: +62 857 7988 5811; Linda: +62 856 9166 3636

Kriteria Penilaian

  1. Orisinalitas ide.
  2. Tidak menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), tidak melanggar hukum, atau menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  3. Kesesuaian karya dangan tema yang diberikan.
  4. Pesan yang tercantum, baik secara eksplisit dan implisit.
  5. Kesesuain desain meme dengan tema yang ditentukan.
  6. Dalam perlombaan ini akan diambil 5 pemenang yang meliputi; juara I, II, dan III, juara favorit, serta juara harapan I dan II.
  7. Juara I, II, III, harapan I dan harapan II ditentukan sepenuhnya oleh dewan juri.
  8. Juara favorit I akan ditentukan berdasarkan banyaknya like meme yang diupload melalui akun instagram Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren: @pendidikanpesantren sejak tanggal 01– 09 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB.
  9. Keputusan dewan juri dan penyelenggara mutlak serta tidak bisa diganggu gugat.
Hadiah dan Pemenang :
  1. Para pemenang akan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2018 melalui website www.ditpdpontren.kemenag.go.id, akun media sosial Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pesantren serta akan dihubungi langsung via telepon.
  2. Masing-masing kategori (umum dan santri) akan di ambil 3 juara utama, 1 juara favorit dan 2 juara harapan.
  3. Hadiah bagi masing-masing pemenang adalah: (a) Juara I memperoleh sertifikat, tropfi dan uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000,00 (b)Juara II memperoleh sertifikat, trofi dan uang pembinaan sebesar Rp. 7.500.000,00 (c)Juara III memperoleh sertifikat, trofi dan uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,00 (d)Juara favorit memperoleh sertifikat, trofi dan uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,00, (e) Juara harapan I memperoleh sertifikat, trofi dan uang pembinaan sebesar Rp. 4.000.000,00 (f) Juara harapan II memperoleh sertifikat, trofi dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,00
  4. Masing-masing pemenang wajib menghadiri penyerahan hadiah yang akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan Santriversary tanggal 21 Oktober 2018 di Gedung Bandung.
  5. Penyelenggara akan menanggung seluruh akomodasi pemenang selama di Bandung.
Download surat edaran Lomba Desain Meme 2018 Santri Mellenial Competitions

SURAT EDARAN
TEMA 8: KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN
Jenis 
Surat
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Kemenag

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon