Cara Tumbuhan Melindungi Diri

Cara Tumbuhan Melindungi Diri - Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga memiliki cara untuk melindungi dirinya dari predatornya. Masing-masing tumbuhan memiliki cara melindungi diri yang berbeda. Ada yang menggunakan duri, getah, racun, rambut halus, maupun dengan aroma yang menyengat. Berikut ini merupakan cara tumbuhan melindungi diri.

Cara Tumbuhan Melindungi Diri


Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Duri.

Duri merupakan bagian tumbuhan yang berbentuk lancip dan tajam. Keberadaan duri ini mempu melindungi tumbuhan dari predatornya. Hewan yang akan memakan tumbuhan tersebut akan tertusuk duri. Hal ini menyebabkan tumbuhan akan terlindung dari predatornya. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Duri yaitu salak, mawar, alang-alang, putri malu, dan kaktus

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Bulu Atau Rambut.

Beberapa tumbuhan memiliki bulu-bulu yang kecil dan dan tajam. Bulu-bulu tersebut akan menimbulkan rasa gatal bagi yang menyentuhnya. Hal ini menyebabkan tumbuhan akan merasa terlindung dari predatornya. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Bulu atau Rambut yaitu bambu, pohon ijuk, dan rambutan.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Racun.

Beberapa tumbuhan memiliki racun sebagai perlindungan dirinya. Hal ini menyebabkan hewan tidak akan berani untuk memakannya. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Racun adalah karet, umbi-umbian, gadung, jarak, kecubung, dan pohon upas.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Getah.

Getah sebenarnya berfungsi sebagai media melakukan transfortasi zat hara dan fotosintat dalam sebuah pembuluh angkut. Namun, keberadaan getah ini juga bisa berguna sebagai perlindungan diri. Hewan atau manusia yang terkena getah, akan merasa lengket. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Getah adalah karet dan nangka.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Bau Menyengat.

Bau menyengat yang dimiliki oleh bunga bangkai, selain membantu dalam proses reproduksi juga berfungsi untuk melindungi diri. Bau yang menyengat membuat hewan selain lalat akan menjauhi tanaman ini. Hal ini membuat bunga bangkai aman dari pemangsa.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Kulit Buah Yang Keras.

Tumbuhan jenis kelapa (Kelapa dan kelapa sawit) memiliki kulit yang keras pada buahnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi biji mereka.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Rasa Pahit.

Tidak semua tanaman memiliki rasa manis pada buahnya. Salah satu contohnya adalah belimbing wuluh. Buah jenis ini memiliki rasa yang pahit. Hal ini menyebabkan hewan tidak mau memakannya.

Demikianlah Tumbuhan Melindungi Diri. Semoga bermanfaat

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon