Cara Terbaru Cek NISN

Cara Terbaru Cek NISN - Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor referensi peserta didik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Masing-masing NISN berbeda satu dengan yang lainnya. NISN ini berlaku untuk sekolah seluruh Indonesia dan sekolah luar negeri Indonesia yang telah memiliki NPSN dan tercatat di database Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NISN ini memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya: mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan, sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini, sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Siswa harus benar-benar mengetahui NISN miliknya. Hal tersebut berkaitan dengan urusan administrasi siswa dalam Dapodik. Sekarang ini, segala hal yang berkaitan dengan siswa harus mencantumkan NISN.

Cara untuk mengetahui NISN siswa adalah dengan menanyakan langsung ke operator Dapodik di sekolah. Biasanya NISN akan diusulkan oleh operator dapodik saat SD. Untuk jenjang selanjutnya, tinggal menggunakan NISN yang diperoleh saat SD.

Jika ingin mengetahui NISN secara online, silakan melakukan langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1
Kunjungi situs http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Langkah 2

  1. Klik Pencarian berdasarkan nama
  2. Masukkan nama sesuai akta kelahiran. Perhatikan singkatan dan sebagainya.
  3. Masukkan tempat lahir sesuaikan akta kelahiran
  4. Masukka tanggal lahir. Format tanggal lahir HH/BB/TTTT. Misalkan kelahiran 20  Agustus 2018 ditulis 20/08/2018.
  5. Klik cari
Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Terbaru Cek NISN
Langkah 3
Jika cara tersebut tidak berhasil, maka silakan menanyakan ke operator dapodik di SD.

Setelah memiliki NISN, kita juga wajib mengecek kebenaran NISN kita. Jangan sampai NISN kita salah. Berikut cara mengecek NISN

Langkah 1
Kunjungi situs http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Langkah 2
Masukkan NISN kita pada kolom pencarian

Langkah 3
Tekan enter atau ikon pencarian.

Langkah 4
Tunggu beberapa saat. Jika NISN kita benar, maka akan muncul nama kita.

Demikianlah cara terbaru mengecek NISN. Semoga bermanfaat.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon