Bunga Nasional Negara-Negara ASEAN

Bunga Nasional Negara-Negara ASEAN - ASEAN merupakan perkumpulan negara-negara asia tenggara. Sampai saat ini, anggota ASEAN sampai saat ini berjumlah 10 negara. Timor Leste belum secara resmi bergabung dengan ASEAN.

Negara ASEAN yang terletak di kawasan Asia Tenggara kaya dengan keanekaragaman tumbuhan. Karena berada dalam satu kawasan, tanaman yang tumbuh di sebuah negara bisa dijumpai di negara lain. Oleh karena itu, masing-masing negara mengklaim bunga nasional nagera meraka sendiri.

Pemilihan bunga nasional masing-masing negara tentu dikaitkan dengan kebudayaan di negara tersebut. Selain itu, pemilihan bunga tersebut memberikan makna tersendiri bagi negara itu sendiri.

Berikut merupakan Bunga Nasional Negara-Negara ASEAN.

Indonesia

Indonesia memeliki tiga bunga nasional. Bunga bunga tersebut menyimpan makna tersendiri. Berikut merupakan bunga nasional Indonesia.
  1. Bunga Melati sebagai Puspa Bangsa
  2. Anggrek Bulan sebagai Puspa Pesona
  3. Padma Raksasa sebagai Puspa Langka

Bunga Melati

Bunga melati dipergunakan bangsa Indonesia sebagai Puspa Bangsa. Dalam kebudayaan Indonesia,  Bung Melati melambangkan kesucian dan tulus iklas. Selain itu, bunga ini juga melambangkan kesederhanaan dan rendah hati.

Bunga Nasional Indonesia

Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan terkenal dengan pesonanya. Bunga ini biasanya tumbuh di daerah yang lembab. Indonesia yang beriklim tropis, membuat tanaman ini banyak ditemukan di hutan Indonesia.

Puspa Pesona

Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldi)

Bunga ini sering ditemukan di hutan di Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh dengan ukuran 3 meter dan berat bisa mencapai 11 kg. Saat ini, tanaman Padma Raksasa hampir punah.

Puspa Langka

Malaysia


Bunga nasional Malaysia adalah Bunga Raya. Bunga ini memiliki 5 mahkota bunga yang melambangkan lima dasar kemerdekaan Malaysia. Selain itu, bunga ini juga merupakan simbol dari persatuan dan toleransi Nasional.

Bunga Nasional Malaysia

Thailand


Bunga Nasional negara Thailand adalah Bunga Ratchaphruek. Bunga ini biasanya mekar pada bulan Pebruari sampai dengan bulan Mei. Warna kuning pada bunga ini dianggap sebagai warna Budha dan warna kemuliaan.

Bunga Nasional Thailand

Vietnam


Bunga Nasional Vietnam adalah Bunga Lotus. Bunga ini melambangkan keanggunan. Masyarakat Vietnam menganggap bunga ini sebagai simbol kemurnian.

Bunga Nasional Vietnam

Singapura


Bunga nasional Singapura adalah Vanda ‘Miss Joaquim’. Bunga Anggrek ini berwarna ungu. Tanaman ini merupakan tanaman hasil persilanga, Nama Vanda ‘Miss Joaquim’  berasal dari penemu dari anggrek ini. Bunga ini menjadi bunga bangsa setelah berhasil memenangkan kontes pemilihan bunga bangsa di Singapura.

Bunga Nasional Singapura

Filipina

Bunga Sampaguita merupakan bunga nasional Filipina. Bunga ini melembangkan kemurnian, kesederhanaan dan rendah hati. Dipercaya bunga ini berasal dari Himalaya.

Bunga Nasional Filipina

Brunei Darussalam


Bunga nasional Brunei Darussalam adalah Bunga Simpor. Mahkota bunga ini berwarna kuning dan melebar. Ketika mekar, bunga ini menyerupai payung.

Bunga Nasional Brunei Darussalam

Kamboja


Bunga nasional Negara Kamboja adalah Bunga Rumdul. Bunga ini berwarna kuning menonjol. Aroma bunga ini sangat khas.

Bunga Nasional Kamboja

Laos


Bunga Dok Champa merupakan bunga nasional negara Laos. Bunga ini melambangkan ketulusan dan suka cita dalam hidup.

Bunga Nasional Laos

Myanmar


Bunga Paduak merupakan bunga nasional Myanmar. Bunga ini berwarna kuning keemasan. Bunga ini merupakan simbol kekuatan dan daya tahan.

Bunga Nasional Myanmar

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon