Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa SD Tahun 2018

Dalam Undang-undang tentang Sistem Pendidikan diamanatkan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa SD Tahun 2018

Dalam Rencana Program Pembangunan Jangka Menengah Nasional sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 disebutkan bahwa kegiatan pokok bidang pembangunan pendidikan dalam rangka program wajib belajar pendidikan dasar termasuk pembinaan minat, bakat, dan kreativitas peserta didik.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembinaan sekolah dasar. Salah satu program dalam rangka peningkatan budaya baca dan literasi adalah gerakan literasi nasional yang di tingkat satuan pendidikan diimplementasikan ke dalam gerakan literasi sekolah. Dalam rangka mendukung gerakan literasi nasional, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyelenggarakan Lomba Penulisan Buku Bacaan Sekolah Dasar. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas bacaan untuk siswa sekolah dasar, dan juga dijadikan sebagai wahana untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi bagi para penulis.

Lomba Penulisan Buku Bacaan SD diharapkan dapat memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan tingkat SD khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menuangkan gagasan, ide, kreativitas, serta karya melalui buku bacaan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat diperoleh buku-buku bacaan untuk siswa sekolah dasar yang berkualitas sesuai dengan tingkat pertumbuhan anak dalam rangka penguatan pendidikan karakter.

Berikut merupakan Lomba Penulisan Buku Bacaan Siswa SD Tahun 2018

PEDOMAN
LOMBA PENULISAN BUKU BACAAN SISWA SD TAHUN 2018
Jenis Buku
Pedoman
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Kemendikbud

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon