Cara Sematkan File Dari Google Drive

Cara Sematkan File Dari Google Drive di Blog. Menyematkan file yang dimaksud di sini adalah embeb file dari Google drive ke blog kita. Hal ini penting bagi blogger yang membuat postingan dengan topik download buku (ebook). Dengan cara embeb file tersebut ke blog, pengunjung dapat melihat isi keseluruhan buku sebelum di download. Berikut merupakan file yang disematkan dari Google Drive.



Untuk menyematkan file seperti contoh di atas lakukan langkah-langkah berikut.

Langkah 1
Unggah file ebook ke Google Drive.

Langkah 2
Silakan melakukan setting terhadap file yang kita unggah di Google Drive. Apakah file tersebut hanya bisa dilihat atau bisa di download. Caranya klik file, kemdian klik get shareable link dan klik sharing setting. Perhatikan gambar berikut.
Cara Sematkan File Dari Google Drive

Langkah 3
Jika pengaturan sharing sudah kita lakukan, klik dua kali pada file kita tadi sehingga kita akan berada di mode view file kita.

Langkah 4
Klik titik tiga yang terletak di pojok kanan atas mode view file kita. Kemudian klik open in new window. Perhatikan gambar berikut.

Cara Sematkan File Dari Google Drive

Langkah 5
Akan terbuka jendela baru. Kembali klik titik tiga yang terletak di pojok kanan atas dan pilih embeb item. Perhatikan gambar berikut.

Cara Sematkan File Dari Google Drive

Langkah 6
Nanti akan muncul kode HTML. Copy seluruh kode HTML tersebut.

Langkah 7
Masuk ke menu postingan blog kita. Pilih format HTML. Paste kode HTML yang kita dapat tadi di menu HTML postingan blog kita. Perhatikan gambar berikut.

Cara Sematkan File Dari Google Drive
Untuk pengaturan di postingan blog kita.
Misalkan kode yang di copy adalah

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon