Seleksi Widyaiswara Tahun 2018

Dalam rangka mendukung kebijakan e-Govemment di lingkungan instansi Pemerintah, Lembaga Administrasi Negara sebagai instansi pembina dalam Penyelenggaraan dan Pengembangan Kapasitas Aparatur secara bertahap melakukan perubahan layanan Kewidyaiswaraan yang akan dilakukan secara Online atau berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Seleksi Widyaiswara Tahun 2018

Sebagai tahapan awal, kegiatan yang kami prioritaskan untuk pelaksanaan layanan Kewidyaiswaraan secara online atau berbasis TIK adalah sebagai berikut:

Pendaftaran Pelatihan dan Seleksi Calon Widyaiswara secara Online

Mulai tahun 2018, proses pendaftaran pelatihan dan seleksi calon Widyaiswara dilakukan secara online melalui aplikasi yang dapat diakses pada laman http://siwi.lan.go.id. Kami tidak melayani pendaftaran secara manual (berbasis kertas). Panduan penggunaan aplikasi dan informasi Persyaratan Pendaftaran dapat diakses pada laman terse but. 

Beberapa yang harus disiapkan oleh Lembaga Diklat dan Unit Kerja instansi Pusat/Daerah yang membidangi Kepegawaian dalam pendaftaran online adalah sebagai berikut: 
  1. Lembaga Diklat di K/L/D. Lembaga Diklat melakukan koordinasi dengan Unit Kerja yang membidangi Kepegawaian/PPK di instansi masing-masing terkait formasi kebutuhan Widyaiswara dan untuk mempersiapkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administratif. 
  2. Unit Kerja yang membidangi Kepegawaian di K/L/D (misalnya Sestama, Biro Kepegawaian / Biro Organisasi dan Kepegawaian / BKD / BKPSD M / BKPP). Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) melalui Unit Kerja yang membidangi Kepegawaian di instansi masing-masing menunjuk PIC instansi yaitu pejabat yang bertanggungjawab dalam pengisian dan pengiriman data dan dokumen calon peserta pada aplikasi pendaftaran online. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) melalui Unit Kerja yang membidangi Kepegawaian di instansi masing-masing mengirim formulir penunjukan PIC instansi dan permohonan pembuatan akun ke LAN c.q. Pusat Pembinaan Widyaiswara (formulir terlampir) melalui email: seleksidanpengembanganwi@gmail.com. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) melalui Unit Kerja yang membidangi Kepegawaian berkoordinasi dengan Lembaga Diklat di instansi masing­ masing untuk memastikan ketersediaan formasi jabatan fungsional Widyaiswara dan rencana penempatannya. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) melalui Unit Kerja yang membidangi Kepegawaian berkoordinasi dengan Lembaga Diklat untuk melakukan seleksi calon peserta di internal instansi masing-masing. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) melalui Unit Kerja yang membidangi Kepegawaian menginformasikan daftar usulan calon peserta pelatihan dan seleksi calon Widyaiswara di instansi masing-masing. PIC instansi memproses input data dan upload dokumen calon Widyaiswara pada aplikasi pendaftaran secara online sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh LAN. Informasi persyaratan data dan dokumen yang harus di-upload dapat diakses pada laman aplikasi pendaftaran.
Informasi lebih jelas mengenai seleksi widyaiswara tahun 2018 bisa dilihat melalui surat edaran Seleksi Widyaiswara Tahun 2018 berikut ini.

SURAT
SURAT EDARAN SELEKSI CALON WIDYAISWARA TAHUN 2018
Jenis Buku
Surat Edaran
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
LAN RI

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon