Pedoman Pemilihan Pengawas Berprestasi Tahun 2018

Pedoman Pemilihan Pengawas Berprestasi Tahun 2018

Pedoman Pemilihan Pengawas Berprestasi Tahun 2018. Pemilihan pengawas berprestasi tahun 2018 ini mengusung tema “Pengawas Sekolah Berprestasi yang mampu Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan". Melalui tema ini, pengawas sekolah dapat menjadi figur pengawas sekolah yang:
  1. memiliki kompetensi yang tinggi pada kepribadian dan sosial, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan; 
  2. menunjukkan kinerja dalam pelaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan profesional guru serta evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan; dan 
  3. berkarakter mulia dan menjadi suri teladan bagi sesama pengawas, kepala sekolah dan guru binaannya, serta masyarakat.
Pengawas sekolah berprestasi adalah pengawas sekolah yang:
  1. Memiliki kompetensi tinggi tentang kompetensi kepribadian dan sosial, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan; 
  2. Memiliki kinerja tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang melebihi pengawas lain
  3. Memilih pengawas sekolah berprestasi pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional. 
  4. Memberikan penghargaan dan pengakuan kepada pengawas sekolah berprestasi dalam membina dan memfasilitasi peningkatan mutu sekolah, sehingga tercapai peningkatan mutu pendidikan secara komprehensif. 
  5. Memberikan apresiasi kepada pengawas sekolah berprestasi sebagai agent of change (agen perubahan) dalam pengembangan sekolah yang unggul dan berdaya saing. 
  6. Memberikan motivasi bagi pengawas sekolah untuk meningkatkan prestasi kerja. 
  7. Memberikan inspirasi dan keteladanan bagi pengawas sekolah lainnya untuk meningkatkan prestasi kerja
  8. Meningkatnya prestasi dan kreativitas pengawas sekolah dalam memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang dibinanya; 
  9. Meningkatnya kebanggaan di kalangan pengawas sekolah terhadap profesinya; 
  10. Memotivasi dan menginspirasi pengawas sekolah untuk melaksanakan pembelajaran keprofesian berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan kariernya.
Berikut merupakan Pedoman Pemilihan Pengawas Berprestasi Tahun 2018

PEDOMAN
PEDOMAN PEMILIHAN PENGAWAS BERPRESTASI TAHUN 2018
Jenis Buku
Panduan
Jenis File
PPT
Tahun
2018
Penulis
Kemendikbud

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon