Lomba Sekolah Sahabat Keluarga Tahun 2018

Penguatan pendidikan karakter serta upaya untuk mengaktualisasikan potensi anak dan remaja dengan beragam minat dan bakat untuk mendukung terwujudnya Generasi Emas 2015, bukan merupakan tanggung jawab pendidik di satuan pendidikan saja tetapi juga keluarga dan masyarakat. Sejak ditetapkan pada tahun 2015, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga mengembangkan dan melaksanakan berbagai kebijakan dan program sebagai upaya untuk menguatkan kemitraan trisentra pendidikan itu.

Lomba Sekolah Sahabat Keluarga Tahun 2018

Program-program yang sudah dilakukan Direktorat ini diantaranya adalah Bimbingan Teknis selama 3 hari kepada 12 ribu dan sosialisasi 1 hari pada puluhan ribu satuan pendidikan di 240 kabupaten/kota di 34 propinsi. Semenjak program ini dilaksanakan pada tahun 2015 ada banyak satuan pendidikan yang dalam upayanya menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak melibatkan keluarga dan masyarakat dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif. 

Untuk mendorong semakin kuatnya kemitraan trisentra pendidikan dan munculnya praktik-praktik baik di satuan pendidikan, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga pada tahun ini menyelenggarakan program Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga. Sekolah Sahabat Keluarga adalah satuan pendidikan, baik formal maupun non formal, yang dalam melaksanakan program-program pendidikannya melibatkan keluarga, baik orang tua maupun anak, dan masyarakat. 

Panduan Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga ini disusun sebagai acuan dalam menentukan satuan-satuan pendidikan yang akan menerima apresiasi dari Kemendikbud.

Kriteria Satuan Pendidikan

Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga dapat diikuti oleh satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan satuan pendidikan non formal baik negeri maupun swasta dengan kriteria sebagai berikut.

  1. Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) atau Nomor Induk Lembaga (NILEM/NILEG); 
  2. Telah melaksanakan program-program yang melibatkan keluarga dan masyarakat termasuk alumni, seperti pertemuan dan wali kelas dan orang tua, kelas orang tua, kelas inspirasi, pentas karya akhir tahun. 
  3. Mempunyai program-program terkait pencegahan kekerasan, penyalahgunaan narkoba, HIV/AIDS, penanggulangan resiko bencana, pergaulan bebas dan/atau masalah anak lainnya; 
  4. Mempunyai program-program yang dirancang dan dilaksanakan oleh peserta didik; 
  5. Mempunyai program unggulan atau praktik baik yang melibatkan orang tua, anak/peserta didik, dan/atau masyarakat yang telah dilaksanakan dan berdampak positif yang bisa dibagikan ke satuan pendidikan lain seperti sekolah sehat, adiwiyata, dan sekolah aman.
Tema 

“Membangun Karakter dan Prestasi Anak Melalui Pelibatan Keluarga dan Masyarakat di Satuan Pendidikan”


Mekanisme Pendaftaran 

Satuan pendidikan yang berminat mengikuti Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh dengan mengunduh di laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, dan melengkapi dokumen pendukungnya. Dokumen-dokumen tersebut paling lambat diterima panitia pada tanggal 30 Juli 2018.

Pengiriman Melalui Pos
Panitia Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemendikbud Komplek Kemendikbud Gedung C lantai 13 Jalan Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta Pusat Kode pos 10270 Telp.021-2527664 

Melalui Surat Elektronik 
Email: apresiasi.sekolahsahabatkeluarga@kemdikbud.go.id dokumen dalam bentuk scan. Apabila satuan pendidikan terpilih sebagai calon nominasi peraih Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga, maka yang bersangkutan wajib menunjukkan berkas aslinya pada saat diverifikasi. 

Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi panitia Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga pada Subdit Pendidikan Anak dan Remaja, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. 
Telp. : 021-2527664 
Narahubung 
  1. Sri Sugiarti : 082112198661 
  2. Linang W Srirejeki : 085710506032 
  3. Atih : 0895334998582 
  4. Email : subdit.anakremaja@kemdikbud.go.id
Download Panduan Lomba Sekolah Sahabat Keluarga Tahun 2018

JUKNIS
LOMBA SEKOLAH SEHAT KELUARGA TAHUN 2018
Jenis Buku
Juknis
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Kemendikbud

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon