Aplikasi Android Untuk Membuat Video Youtube Berkualitas

Aplikasi Android Untuk Membuat Video Youtube Berkualitas

Aplikasi Android Untuk Membuat Video Youtube Berkualitas. Youtube, hampir semua orang mengenal situs tersebut. Ya, situs sharing video yang sejak tahun 2006 dibeli oleh perusahaan raksasa Google tersebut menjadi situs penyedia video pavorite semua orang. Banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton video pavorite mereka.

Fenomenalnya situs youtube di masyarakat, menjadi sebuah ladang ekonomi tersendiri. Banyak perusahaan yang memasang iklan di situs tersebut. Hal ini juga membuka peluang ekonomi bagi youtuber (Youtuber yang dimaksud di sini adalah orang yang upload video di youtube). Melalui program GA (Google Adsanse) mereka berhasil memperoleh uang dari video yang mereka upload. Tentunya mengacu kepada ketentuan dan kebijakanyang diterapkan oleh Google Adsanse.

Sampai saat ini, banyak youtuber dunia yang berhasil memperoleh penghasilan mencapai ratusan juta perbulannya. Salah satunya adalah youtuber dunia PiwDiePie. Penghasilan youtuber ini diperkirakan mencapai 1 juta dolar AS perbulannya. Channel youtubenya yang berisikan video tentang game yang dia mainkan disubscribe oleh hampir 39 juta orang. 

Di Indonesia sendiri, beberapa youtuber mampu meraup penghasilan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Beberapa diantaranya adalah Edho Pratama, Raditya Dika, Reza Oktavian, Young Lex dan Kevin Anggara. Video yang mereka upload bermacam-macam. Mulai dari musik, vlog, game, maupun keseharian mereka.

Untuk bisa meraup penghasilan yang besar, sudah tentu tergantung dari video yang kita upload. Para youtuber dengan penghasilan besar tersebut, tentu memerlukan peralatan yang canggih dan mahal untuk bisa membuat video yang berkualitas. Kemampuan editing video juga sangat diperlukan untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Menjadi Youtuber dengan Smartphone

Perlatan yang canggih dan mahal memang akan menjamin kita bisa menghasilkan video yang berkualitas. Namun lebih penting dari itu, faktor yang paling berpengaruh terhadap populer atau tidaknya sebuah video adalah kreatifitas. Jika kita memiliki kriavitas tinggi, bukan hal yang tidak mungkin hanya dengan menggunakan peralatan sederhana kita bisa seperti mereka. Dengan bermodalkan smartphone, kita bisa merintis jalan untuk menjadi youtuber.

Berikut saya akan berikan dua aplikasi android yang bisa dimanfaatkan di smartphone untuk bisa membuat video youtube berkualitas.

1. Aplikasi perekam layar (DU Recorder)

Aplikasi ini cocok jika kita ingin membuat tutorial tentang smarphone. Selain itu, aplikasi ini juga sangat cocok juka kita ingin membuat video tentang game yang kita mainkan di smartphone kita. 

DU Recorder merupakan aplikasi perekam layar terbaik saat ini menurut saya. Kelebihannya adalah:
  1. Aplikasinya gratis. 
  2. Ukuran aplikasi kecil sehingga ringan ketika dipergunakan dalam smartphone.
  3. Tidak perlu takut proses perekaman kita terganggu oleh iklan. Aplikasi ini tidak memiliki iklan.
  4. Untuk install aplikasi ini, kita tidak perlu melakukan root terhadap ponsel kita.
Fitur 

DU Recorder memberikan pengalaman perekaman layar yang lancer dan stabil. Kita dapat merekam game yang kita mainkan, merekam saat kita melakukan videocall dan merekam program yang kita tonton di smartphone. Fitur yang diberikan oleh DU Recorder adalah sebagai berikut. 
  1. Mendukung berbagai resolusi video. 
  2. Proses perekamana bisa di pause.
  3. Untuk membuat tutorial, kita bisa menyalakan kamera depan agar kita bisa tampak dalam tutorial.
  4. Mampu merekam suara dengan baik 
  5. Menampilkan segala aktivitas layar smartphone kita seperti klik.
  6. Lokasi penyimpanan dapat kita atur (di memori internal atau eksternal) 
Edit Video

Selain merekam, aplikasi ini juga memiliki fitur editing video. Aktivitas editing video yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut. 
  1. Melakukan pemotongan video yang tidak kita perlukan 
  2. Menyatukan beberapa video 
  3. Mengatur music latar 
  4. Mengatur volume video 
Screenshot

Selain fitur di atas, aplikasi DU Recorder juga dilengkapi dengan fitur screenshot. Fitur ini memungkinkan kita mengambil gambar pada layar smartphone kita. Prosesnya pun sangat mudah. Tidak perlu melakakukan kombinasi tekan dan tahan.

DU Recorder dapat di download secara gratis di google play


Temukan di Google Play

2. Aplikasi pembuat opening video (Legend-Animasi Teks di Video)


Video yang akan kita upload, akan terlihat lebih profesional jika kita menambahkan opening dan ending. Biasanya untuk membuat opening video, para profesional membuat dengan menggunakan software adobe di laptop. Dan itu perlu keahlian khusus.

Tapi, jangan kahwatir. Ada aplikasi android yang bisa dimanfaatkan untuk membuat opening maupun ending dari video kita. Nama aplikasinya adalah Legend-Animasi Teks di Video. Aplikasi ini juga tergolong aplikasi gratis. Ukurannya pun tidak terlalu besar. Sehingga ringan di smartphone kita.

Membuat video opening di aplikasi ini sangat mudah. Pertama kita membuat tulisan sesuai keinginan kita. Kedua, kita pilih animasi yang kita inginkan. Ketiga, video tersebut kita simpan dalam bentuk MP4 maupun GIF.

Fitur

Fitur yang dimiliki Legend secara lengkap seperti di bawah ini.
  1. Membuat video dari tulisan dengan effect yang menakjubkan
  2. Backgraund video bisa mempergunakan gambar sendiri, maupun di search langsung dalam aplikasi ini. Ribuan gambar keren dari situs Flickr dapat kita download melalui aplikasi ini.
  3. Hasil dapat disimpan dalam bentuk MP4 maupun GIF.
  4. GIF bisa diputar langsung saat dikirim dalam percakapan massanger.
Legend dapat di download secara gratis di google play. 
Temukan di Google Play

Kesimpulan

Perlengkapan yang canggih dan mahal, memang mampu menghasilkan video yang berkualitas. Namun tanpa adanya kreativitas, video tersebut tidak akan ditonton oleh banyak orang. Terkadang video yang tranding di youtube dihasilkan dari smartphone. Dengan dua aplikasi gratis di atas, mulailah menjadi youtuber. Siapa tahu kita yang akan menjadi youtuber dengan penghasilan besar selanjutnya.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

2 komentar

waduh nih sih youtuber gamer wajib punya DU recorder nih hehe

Iya... Terima kasih atas kunjungannya... :)


EmoticonEmoticon