Menentukan Ide Pokok Teks

Menentukan Ide Pokok Teks

Membaca Nonsastra

Kalimat utama paragraf 
Kalimat utama adalah kalimat yang berisi inti atau gagasan utama suatu paragraf. Pada umumnya, kalimat utama didukung dengan kalimat penjelas. Kalimat utama biasanya terletak di awal atau di akhir paragraf.

Contoh soal

Pemanasan Global 

Pemanasan global merupakan peristiwa peningkatan suhu rata-rata di bumi yang memengaruhi keadaan atmosfer, lautan, dan daratan. Sejak dulu, bumi mengalami perubahan panas dan dingin. Namun demikian, pemanasan yang terjadi pada bumi saat ini sangat cepat.

Para ahli berpendapat, pemanasan global disebabkan aktivitas manusia, seperti pembakaran batu bara, minyak bumi, dan gas alam untuk keperluan pembangkit listrik. Aktivitas pembakaran tersebut menghasilkan karbondioksida dan gas-gas lain yang dilepaskan ke atmosfer. Pelepasan gas tersebut dikenal sebagai efek rumah kaca Ketika atmosfer makin kaya akan gas-gas rumah kaca, akan lebih banyak lagi panas matahari yang terperangkap di permukaan bumi. 

Kenaikan suhu bumi dapat mengakibatkan es di wilayah kutub mencair. Hal ini menyebabkan volume air laut bertambah sehingga dapat menimbulkan banjir di daerah pantai dan dapat menenggelamkan pulau-pulau kecil. Beberapa daerah yang beriklim tropis (hangat) juga akan mengalami curah hujan yang lebih tinggi. Namun demikian, kondisi tanah juga akan lebih cepat kering sehingga dapat merusak tanaman Selain itu, kekeringan tanah dapat mengurang jumlah air tanah sehingga wilayah tersebut akan mengalami krisis air bersih.

Soal
Kalimat utama paragraf ketiga adalah....

Jawaban:
Paragraf ketiga pada teks tersebut menjelaskan tentang akibat dari kenaikan suhu bumi di wilayah kutub. Hal itu dapat diketahui dari kalimat pertama, yaitu "Kenaikan suhu bumi dapat mengakibatkan es di wilayah kutub mencair." Kalimat- kalimat setelahnya merupakan kalimat penjelas dari kalimat utama.


Ide pokok paragraf 
Dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide pokok. Ide pokok adalah inti suatu paragraf. Ide pokok biasanya terkandung dalam kalimat utama, akan tetapi tidak disajikan secara utuh melainkan hanya inti sari kalimat utama.

Soal
Ide pokok paragraf kedua adalah.

Jawaban
Kalimat utama paragraf kedua pada teks tersebut terdapat di awal, yaitu "Para ahli berpendapat, pemanasan global disebabkan aktivitas manusia, seperti pembakaran batu bara, minyak bumi, dan gas alam untuk keperluan pembangkit listrik." Jadi ide pokok dari paragraf tersebut adalat penyebab terjadinya pemanasan global.

Isi bacaan 
Ada enam kata tanya yang dapat digunakan untuk menemukan isi bacaan. (1) Apa, untuk menanyakan hal atau peristiwa (2) Siapa, untuk menanyakan orang atau pelaku. (3) Kapan, untuk menanyakan waktu. (4) Di mana, untuk menanyakan tempat. (5) Mengapa, untuk menanyakan sebab. (6) Bagaimana, untuk menanyakan keadaan atau cara.


Simpulan paragraf 
Simpulan diambil dari keseluruhan isi bacaan Simpulan berisi hasil akhir dari uraian yang disampaikan.

Soal
Simpulan paragraf ketiga adalah....

Jawaban
Paragraf ketiga pada teks tersebut menjelaskan tentang akibat dari kenaikan suhu bumi di wilayah kutub. Kenaikan suhu tersebut mengakibatkan es di kutub mencair dan perubahan curah hujan di beberapa daerah tropis.


I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon