Bantu Guru Melihat Dunia Tahun 2018

Dalam rangka turut berpartisipasi dalam mewujudkan salah satu tujuan negara, yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” PPI Dunia mengambil langkah nyata dalam berbagai bentuk aktivitas baik yang berupa kajian maupun gerakan nyata. 

Selaras dengan prioritas program pemerintah Indonesia dalam bidang pendidikan di tahun 2018, yaitu peningkatan kualitas guru, PPI Dunia berinisiatif melaksanakan program "BANTU GURU MELIHAT DUNIA" bagi guru-guru di Indonesia. Dengan berbekal potensi sumber daya manusia dan jaringan PPI Dunia yang tersebar di berbagai negara di dunia diharapkan dapat memberikan alternatif baru dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

Proses Pendaftaran Bantu Guru Melihat dunia adalah sebagai berikut : 

Bantu Guru Melihat Dunia Tahun 2018
  1. Pendaftaran dibuka pada tanggal 3 Februari 2018 hingga 4 Maret 2018 
  2. Download format formulir pendaftaran dan surat-surat pernyataan di website bgmd. 
  3. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan lihat pada bagian FAQ Bantu Guru Melihat Dunia. 
  4. Jika masih ada pertanyaan, silakan kirimkan pertanyaan melalui email di bgmd@ppidunia.org 
  5. Lengkapi berkas sebelum mendaftar. Scan berkas-berkas yang telah terkumpul. 
  6. Daftarkan diri anda pada link pendaftaran di http://bit.ly/Bantugurumelihatdunia. 
  7. Pendaftaran paling lambat tanggal 4 Maret 2018. 
  8. Simpan berkas asli karena akan diperlukan ketika anda lolos seleksi nantinya. 
  9. Download format formulir pendaftaran dan surat-surat pernyataan 
  10. Jika ada pertanyaan lihat dulu bagian FAQ Bantu Guru Melihat Dunia, jika masih ada yang perlu ditanyakan kontak ke panitia di bgmd@ppidunia.org 
  11. Lengkapi berkas sebelum mendaftar. Scan berkas-berkas yang telah terkumpul. 
  12. Daftarkan diri anda pada link pendaftaran yang tersedia (link menyusul) dan unggah berkas pendaftaran yang diperlukan (PR: membuat panduan pengisian online form). 
  13. Pendaftaran paling lambat tanggal 28 Februari 2018. 
  14. Simpan berkas asli karena akan diperlukan ketika anda lolos seleksi nantinya.
Proses Seleksi 


Bantu Guru Melihat Dunia Tahun 2018

  1. Seleksi administrasi akan dilaksanakan selama bulan Maret 2018 oleh panitia Bantu Guru Melihat Dunia (PPI Dunia). 
  2. Panitia akan mengumumkan hasil seleksi administrasi melalui website bgmd.ppidunia.org dan ke email calon peserta yang lolos seleksi. 
  3. Dalam pengumuman ini panitia akan sekaligus memberitahukan mengenai prosedur seleksi selanjutnya. 
  4. Seleksi wawancara akan dilaksanakan pada bulan April 2018 melalui video conference 
  5. Penempatan dan pelaksanaan di masing-masing negara (berkisar dari bulan Mei hingga September 2018) akan disesuaikan dan diberitahukan kepada peserta secara langsung melalui email. 
  6. Bagi yang lolos seleksi wawancara akan diberikan Surat undangan mengikuti program Bantu Guru Melihat Dunia di negara tujuan yang telah ditentukan oleh panitia. 
  7. Peserta diwajibkan untuk menyelesaikan pengurusan paspor dan visa masing-masing sebelum tanggal keberangkatan yang telah ditentukan oleh panitia (biaya pengurusan paspor dan visa ditanggung sendiri oleh peserta). 
  8. Persiapan yang diperlukan sebelum keberangkatan akan dikomunikasikan oleh panitia kepada peserta.
Persyaratan Umum

  1. Terbuka untuk WNI Pria/Wanita dengan usia 25 – 40 tahun (yang sudah memiliki paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan saat waktu pendaftaran akan diprioritaskan)
  2. Latar belakang pendidikan minimal S1 dengan minimal Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3,00 pada skala 4,00 
  3. Guru Sekolah Dasar (atau yang setara); dan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk kawasan Australia. 
  4. Setidaknya memiliki pengalaman mengajar di jenjang pendidikan formal selama tiga tahun 
  5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba (ditandai dengan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari instansi kesehatan resmi) 
  6. Mendapatkan (minimal satu buah) surat rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja, atau rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja 
  7. Mendapatkan surat pernyataan bahwa pimpinan institusi pendidikan dimana calon peserta mengajar mengijinkan guru untuk mengikuti kegiatan apabila calon peserta diterima. 
  8. Bersedia menanda-tangani surat pernyataan sebagaimana terlampir yang menyatakan bahwa pendaftar: a. Tidak sedang menerima/akan menerima beasiswa dari sumber lain; b. Tidak terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila; c. Membagikan ilmu serta pengetahuan yang didapat selama program berjalan kepada rekan-rekan guru di Indonesia dalam bentuk apapun (Webinar atau blog, dan media lainnya) serta (minimal) dalam jangka waktu terhitung tiga bulan setelah kembali ke tanah air d. Bekerja-sama dengan pihak panitia BGMD dalam rangka mempublikasikan hasil dari program BGMD ke khalayak umum, terkhusus rekan-rekan guru atau pendidik di Indonesia 
  9. Membuat video pendek dengan rincian sebagai berikut: Diambil dengan kamera handphone mode landscape Durasi maksimal 3 menit Berisi perkenalan mengenai diri dan motivasi mengikuti BGMD Diunggah di akun sosial media facebook (atau Instagram dll) Anda kemudian sertakan link pada formulir pendaftaran dengan me-mention akun sosial media PPI Dunia dengan tagar #BGMD. Sosial Media PPI Dunia /PPIDunia.OISAA @ppidunia @OISAA 10 Memiliki keahlian dalam kesenian/budaya Indonesia (tarian tradisional, beladiri tradisional, nyanyian tradisional, permainan tradisional, dll)
Persyaratan Khusus

Bantu Guru Melihat Dunia Tahun 2018
Informasi lebih lengkap, silakan klik website ppidunia.org/bgmd

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon