Aplikasi Rapot K13 SD Revisi Tahun 2018

Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2006. Hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, mengembangkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Aplikasi Rapot K13 SD Revisi Tahun 2018

Memperhatikan permasalahan -permasalahan di atas, saya selaku pendidik yang pernah merasakan kesulitan-kesulitas di atas berusahan membuat aplikasi Penilaian (Aplikasi Rapor) yang dapat digunakan oleh guru-guru Sekolah Dasar (SD). Aplikasi penilaian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya yang seluruhnya berpedoman pada Panduan Teknis Penilaian dan Rapor Sekolah Dasar. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah: 
  1. Format sudah sesuai dengan Pedoman Penilaian Tahun 2016 (edisi revisi) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 
  2. Dalam Aplikasi rapor ini sudah memperlihatkan indikator yang komplit yaitu dari nilai per muatan, predikat, dan deskripsi setiap aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam setiap muatannya. 
  3. Aplikasi rapor ini dapat digunakan untuk kelas 1,2,4,5 Sekolah Dasar. 
  4. Dengan format simple sehingga diharapkan mudah digunakan oleh para guru yang belum fasih menggunakan komputer.
  5. Pencetakan pada sheet rapor sudah dibedakan bagi pengguna printer Canon, HP dan Epson sehingga diharapkan pengguna tidak lagi mengalami kesulitan saat mencetak 
  6. Aplikasi ini merupakan Edisi Khusus (Gratis) untuk Gerakan Peduli Bencana Gunung Agung Bali 
  7. Apabila anda yang berada di luar daerah Terdampak Gunung Agung ingin menggunakan aplikasi ini dapat menghubungi kontak yang tertera di aplikasi Akhirnya, semoga dengan hadirnya aplikasi rapor ini dapat menambah referensi bapak/ibu guru SD yang sedang menggunakan Kurikulum 2013.
Pembuat aplikasi rapot ini adalah Mudiartana, seorang guru muda dari Bali yang sudah terkenal dalam membuat aplikasi rapot khususnya untuk Kurikulum 2013.

Aplikasi rapot ini terdiri atas Aplikasi Rapot K13 SD, Aplikasi rapot kelas 1 SD revisi terbaru,  Aplikasi rapot kelas 2 SD revisi terbaru, Aplikasi rapot kelas 4 SD revisi terbaru,  Aplikasi rapot kelas 5 SD revisi terbaru.

Bila ingin mengetahui Aplikasi Rapot K13 SD Revisi Tahun 2018, silakan download melalui link di bawah ini.

APLIKASI
APLIKASI RAPOT K13 SD REVISI TERBARU
Jenis Aplikasi
Rapot
Jenis File
Excell
Tahun
2018
Pengembang
I Made Mudiartana

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon