Lomba Cipta Media Pembelajaran Anti Korupsi

Usaha pencegahan korupsi tidak hanya menjadi tugas KPK melalui ranah edukasinya, maupun pemerintah melalui kebijakannya, tapi juga menjadi tugas semua masyarakat Indonesia. Tentunya hal tersebut bisa diterapkan dalam berbagai segmentasi dan dengan berbagai metode yang digunakan.

Lomba Cipta Media Pembelajaran Anti Korupsi

KPK mengeluarkan 9 nilai antikorupsi, yaitu nilai - nilai yang harus dimiliki oleh individu agar terhindar dari tindakan korupsi. Nilai – nilai tersebut terdiri dari jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Nilai tersebut harus dibiasakan dalam diri seseorang agar terbiasa hingga akhirnya menjadi karakter pribadi tersebut. 

Pendidikan karakter utama tentunya ada di tangan orang tua sebagai madrasah pertama seorang anak. Ketika seorang anak memasuki sekolah, maka tanggung jawab tersebut selaras dengan tanggung jawab guru di sekolah untuk ikut serta mendidik anak agar menjadi generasi yang pintar dan juga berkarakter. 

PBAK memfasilitasi para guru untuk berinovasi menciptakan media pembelajaran bertema 9 nilai antikorupsi yang dapat menjadi sarana edukasi antikorupsi kepada siswa. Di sini para guru diberikan ruang untuk berkreasi dalam menggabungkan materi – materi dalam mata pelajaran formal dengan nilai antikorupsi ataupun menciptakan media pembelajaran baru untuk memudahkan para siswa memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai antikorupsi. Hal tersebut tentunya akan mendorong tersampaikannya nilai – nilai baik kepada para siswa untuk membangun generasi yang berkarakter antikorupsi. 

SYARAT UMUM 
  1. Lomba ini tidak dipungut biaya (gratis) untuk seluruh peserta 
  2. Lomba ini dilakukan secara online 
  3. Peserta merupakan individu atau kelompok 
  4. Peserta adalah guru PAUD/ TK/ SD/ SMP/ SMA di seluruh Indonesia 
  5. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 media pembelajaran 
  6. Lomba dibuka tanggal 30 Desember 2017 – 30 Januari 2018 
  7. Tidak mengandung unsur SARA dan pornografi 
  8. Merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan 
  9. Panitia berhak mempublikasikan dan mendistribusikan karya yang dikirimkan dengan mencantumkan identitas pembuat karya 
  10. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat 
  11. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2018.
SYARAT KHUSUS
  1. Tema kegiatan ini adalah : “PENDIDIKAN ANTIKORUPSI”, dengan sub tema: “9 Nilai Antikorupsi” 9 Nilai antikorupsi terdiri dari: jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil *pilih satu atau lebih. 
  2. Media pembelajaran harus bisa diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas maupun di lingkungan sekolah. 
  3. Jenis media pembelajaran yang akan dilombakan adalah: 1) Alat Peraga Pembelajaran ( PAUD- SMA) 2) Boardgames ( PAUD – SMA) 3) Games ( PAUD – SMA)
FORMAT PENGIRIMAN KARYA

  1. Diketik menggunakan Ms. Word, Arial, 12 
  2. Format media pembelajaran Alat Peraga Pembelajaran (Nama alat peraga, Mata pelajaran, Nilai antikorupsi yang ingin dicapai (salah satu atau lebih dari 9 nilai antikorupsi), Materi, Kelas/ semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Deskripsi alat peragA, Tujuan alat peraga, Materi Pokok Pembelajaran, Deskripsi alat peraga, Evaluasi (penjelasan tentang poin-poin yang menjadi keberhasilan alat peraga dan manfaat), Profil singkat pembuat
  3. Format media pembelajaran Board Games (Nama boardgames, Deskripsi boardgames, Tujuan boardgames, Nilai yang ingin dicapai (salah satu atau lebih dari 9 nilai antikorupsi), Sasaran pemain ( PAUD/TK/SD/SMP/SMA), Komponen permainan / boardgames ( perangkat yang ada dalam boardgames, disertai gambar atau visualisasi bentuk masing – masing perangkat), Deskripsi pembuatan boardgames (disertai dokumentasi), Cara menerapkan boardgames (langkah- langkah penerapan perimanan), Evaluasi permainan (penjelasan tentang poin- poin yang menjadi keberhasilan permainan dan manfaat.), Profil singkat pembuat
  4. Format media pembelajaran Games (Nama games, Deskripsi games, Tujuan games, Nilai yang diterapkan (salah satu atau lebih dari 9 nilai antikorupsi), Sasaran pemain (PAUD/TK/SD/SPM/SMA), Komponen permianan (alat dan bahan yang digunkan/ butuhkan), Deskripsi pembuatan (disertai dokumentasi foto/video), Evaluasi Games (penjelasan tentang poin- poin yang menjadi keberhasilan permainan dan manfaat.)
CARA PENGIRIMAN KARYA

  1. Dowload format yang telah disediakan melalui link : bit.ly/pbak-formatmedia
  2. Mengirimkan berkas lomba melalui email: festivalhaki@gmail.com dengan judul dokumen dan email: “MEDIA – NAMA – JUDUL MEDIA PEMBELAJARAN”
  3. Pengiriman karya maksimal tanggal 30 Januari 2018 pukul 20.00 WIB

HADIAH LOMBA

  1. Karya yang telah dikirim akan melalui proses penjurian / penilaian oleh pihak ahli. 
  2. Juara 1, 2, 3, dan favorit akan mendapatkan: 
  3. Juara 1 Uang tunai sebesar 5.000.000 Sertifikat penghargaan Merchandise PBAK 
  4. Juara 2 Uang tunai sebesar 4.000.000 Sertifikat penghargaan Merchandise PBAK
  5. Juara 3 Uang tunai sebesar 3.000.000 Sertifikat penghargaan Merchandise PBAK
  6. 10 Juara Favorit Uang tunai sebesar 500.000 Sertifikat penghargaan Merchandise PBAK 
  7. Karya-karya terbaik akan dibukukan dan didistribusikan ke seluruh Indonesia untuk kepentingan pendidikan antikorupsi

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon