Tips Mengikuti Pretest PPG Guru 2017

Pelaksanaan Pretest PPG Guru tahun 2017 sudah dimulai dari tanggal dari tanggal 27 November sampai 5 Desember 2017 (baca : Jadwal Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2017). Beberapa guru yang sudah menjalani Pretest tersebut, mengungkapkan mengalami banyak kendala. Kendala-kendala yang mereka alami secara umum adalah sebagai beriikut.

1. Kurangnya waktu yang diperlukan untuk mengerjakan soal

Jumlah soal yang diberikan dalam pretest PPG Guru Tahun 2017 ini terdiri atas empat kompetensi. Keempat bidang tersebut adalah Tes Potensi Akademik (waktu 20 menit, jumlah soal 40 buah), Pedagogik (waktu 20 menit, jumlah soal 15 buah), Profesional  (waktu 60 menit, jumlah soal 40-70 buah), dan bakat dan Minat (waktu 15 menit, jumlah soal 15 soal).

Pretest PPG Guru 2017

Tips : Jangan terpaku pada satu soal. Lewati soal yang tidak bisa dijawab.

2. Soal tidak ada jawaban

Beberapa guru menemukan ada beberapa soal yang tidak terdapat jawaban benar di pilihan jawabannnya. Hal ini terjadi pada materi matematika (menghitung). Ada soal yang sederhana, namun tidak terdapat jawaban di pilihan jawaban yang diberikan.

Tips : Jika tidak ada pilihan jawaban yang tepat, silakan pilih jawaban yang mendekati jawaban kita.

3. Soal yang diberikan sulit

Soal yang sulit muncul karena kita tidak pernah membaca ruang lingkup soal yang akan diberikan. Sangat penting bagi guru untuk membaca ruang lingkup soal yang akan diberikan. Sehingga ada sedikit bayangan soal yang akan dihadapi nanti. Ruang lingkup soal pretest PPG Guru Tahun 2017 tertuang dalam kisi-kisi pretest PPG Guru Tahun 2017. (Baca : Kisi-Kisi Pretest PPG Guru Tahun 2017)

Tisp : Bacalah kisi-kisi pretest PPG Guru Tahun 2017

Demikianlah Tips Mengikuti Pretest PPG Guru 2017. Semoga bermanfaat bagi guru yang akan mengikuti Pretest PPG Guru 2017.

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon