Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia Tahun 2018

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) cq. Direktorat Diplomasi Publik (Dit.Diplik), Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Ditjen IDP) telah melaksanakan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) sejak tahun 2003 sebagai tindak lanjut komitmen Pemerintah RI dalam meningkatkan kerjasama regional dan promosi budaya, khususnya dalam menciptakan para sahabat Indonesia di luar negeri. Hingga tahun 2017, kegiatan tersebut telah menghasilkan 776 alumni dari 69 negara yang menjadi friends of Indonesia dan Indonesianis yang kiranya dapat dimanfaatkan untuk membantu promosi Indonesia di luar negeri. 
Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia Tahun 2018

Pada tahun 2018, kategori BSBI Program Reguler dan BSBI Program Kekhususan diubah atau dijadikan satu menjadi Program BSBI. Program tersebut akan diberikan kepada 72 (tujuh dua) pemuda dari berbagai negara termasuk Indonesia, dengan rincian yaitu 66 pemuda dari negara sahabat dan 6 pemuda Indonesia. Program BSBI 2018 direncanakan akan berlangsung selama 100 hari yaitu tanggal 17 Maret s/d 24 Juni 2018.

Tema BSBI 2018 yaitu “The Colours of Beautiful Indonesia", menceritakan kebhinekaan wilayah nusantara dalam hal budaya,agama dan keyakinan-keyakinan lainnya, termasuk kehidupan manusia, tata cara, pola pikir dan kebiasaan masyarakatnya yang toleran dan dikelola secara selaras hingga menjadi salah satu aset bangsa. 

Pemerintah RI (Kemlu) menanggung seluruh biaya bagi peserta yang mencakup biaya transportasi tiket penerbangan internasional (pp) kelas ekonomi, tiket penerbangan domestik (pp) menuju tempat studi, akomodasi penuh selama berada di Indonesia (dalam jangka waktu program), biaya pendidikan di sanggar, uang saku (3 bulan), dan asuransi kesehatan (terbatas/standar). 

Calon penerima anugerah/awardee BSBI 2018 diusulkan berasal dari negara-negara anggota ASEAN dan Mitra ASEAN (ASEAN + 3, East Asia Summit, Mitra Wicara ASEAN, ASEAN – Economic Cooperation Council) serta negara SWPD, MSG, PIF dan Afrika. Mengingat bahwa pada tahun 2018 akan diselenggarakan Indonesia-Africa Forum sebagai platform peningkatan people-to-people contact dan kerjasama ekonomi, pendidikan, dan budaya, maka program BSBI 2018 juga akan diberikan kepada 3 (tiga) negara baru di kawasan Afrika yaitu Swaziland, Benin dan Ghana (selain Afrika Selatan, Maroko, Tunisia, negara penerima BSBI sebelumnya) – catatan pertimbangan pemilihan 3 (tiga) negara baru di Afrika terlampir. 

Calon peserta diharapkan mempunyai motivasi yang kuat untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia serta berpotensi membantu Perwakilan RI dalam mempromosikan Indonesia. Peserta diharapkan mempunyai latar belakang seni dan budaya serta mempunyai pengetahuan dasar mengenai Indonesia.​ 

Untuk informasi lebih lengkap, silakan mengunduh dokumen-dokumen pendaftaran pada tautan di bawah ini:

  1. BSBI 2018 - SCHOLARSHIP GUIDANCE-Reguler.pdf 
  2. List of Eligible Countries.pdf​ 
  3. BSBI 2018 - Application Form.docx 
  4. Personal Statement BSBI 2018.doc

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon