Panduan Penulisan Soal SMP 2017

Dalam rangka menyambut ujian nasional jenjang SMP tahun 2018 nanti, PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN mengeluarkan Panduan Penulisan Soal SMP 2017.
Panduan Penulisan Soal SMP 2017

Panduan ini diharapkan bisa membantu guru dalam membuat soal UN dengan kualitas yang baik. Buku panduan ini secara lengkap mengulas mengenai tahapan penulisan soal (penyusunan kisi-kisi, penulisan soal, review dan revisi, perakitan soal, analisis kuantitatif dan seleksi soal).

Penyusunan Kisi-Kisi

Pengertian kisi-kisi Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Panduan ini juga dilengkapi dengan tabel berikut disajikan dimensi proses kognitif dan kata kerja operasional yang dapat digunakan untuk merumuskan indikator berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi. Dimensi proses kognitif ini dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu:
Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2),
Level 2: mengaplikasikan (C3),
Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)

Penulisan Soal

Tes tertulis merupakan kumpulan soal-soal yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal, peserta didik tidak selalu harus merespon dalam bentuk tulisan, tetapi juga dapat dilakukan dalam bentuk lain, seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar. Soal-soal pada tes tertulis dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu soal dengan memilih jawaban yang sudah disediakan (bentuk soal pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) dan soal dengan memberikan jawaban secara tertulis (bentuk soal isian, jawaban singkat, dan uraian). Dalam penyusunan soal tes tertulis, penulis soal harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan soal dari segi materi, konstruksi, dan bahasa.

Penulisan soal dalam panduan ini meliputi 
Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda, Teknik Penulisan Soal Uraian dan Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (higher order thinking skill atau HOTS)

Berikut merupakan Panduan Penulisan Soal SMP 2017.


Download Panduan Penulisan Soal SMP 2017

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon