Eksperimen Memberi Makan Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah salah satu binatang yang mempesona tetapi, mempunyai masa hidup yang pendek. Hidup kupu-kupu dimulai di darat dan berakhir di udara. Dimulai dari fase awal kupu-kupu yang berupa telur, berkembang menjadi ulat, kemudian berubah menjadi kepompong. Ketika berbentuk kepompong, ulat mendapat makanannya dari daun yang menjadi kepompongnya. Kemudian ulat akan berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Apa makanan ulat jika telah berubah menjadi kupu-kupu? Kupu-kupu mendapat makanan dari nektar tumbuhan. Kamu dapat membayangkan nektar tumbuhan sebagai sari bunga yang manis rasanya. Agar kamu dapat mempelajari dan melihat kupu-kupu dari dekat, akan dilakukan eksperimen bagaimana cara memberi makan kupu-kupu.

Eksperimen Memberi Makan Kupu-Kupu


ALAT DAN BAHAN 
  1. Air 1 sendok makan gula 
  2. 1 buah gelas plastik Benang sepanjang 20 cm 
  3. 1 lembar plastik berwarna cerah 
  4. 1 buah paku payung 
  5. Kapas 
  6. Lem plastik 
  7. Pulpen 
  8. Gunting 
  9. 1 buah gelas ukur 
  10. Sendok makan 
  11. Halaman rumah yang ada tumbuhan dan kupu-kupu beterbangan 
CARA KERJA
  1. Ambil gelas plastik. Gunakan paku payung untuk membuat lubang kecil di samping kanan dan kiri gelas plastik. Masukkan benang ke dalam lubang tersebut, kemudian ikatlah ujung benang pada masing-masing sisi gelas 
  2. Buatlah lubang kecil di dasar gelas pa Perbesar lubang yang dibuat oleh pa payung dengan menggunakan uju pulpen 
  3. Masukkan sedikit kapas ke dalam lubang tersebut, sehingga sebagian kapas akan berada di dalam gelas dan sebagian yang lain akan berada di luar gelas 
  4. Gambarlah bentuk kelopak bunga pa selembar plastik berwama, kemudian gunting bentuk kelopak tersebut. Tempelkan guntingan kelopak itu sekeliling kapas yang terdapat bagian bawah gelas. Jangan lupa unt menghiasi gelasmu dengan gambar atau tempelan daun-daunan agar mirip dengan bunga sungguhan.
  5. Tuangkan 9 sendok makan air ke dalam gelas kedua, dan tambahkan 1 sendok makan gula pasir. Aduk sampai rata, kemudian tuangkan larutan gula ini ke dalam gelas berbentuk bunga. 
  6. Gantungkan bunga plastik itu ke dahan suatu pohon yang sering didatangi kupu-kupu. Periksa keadaan bunga plastikmu beberapa saat kemudian. Adakah kupu-kupu yang terbang mendekat untuk makan dari bunga plastikmu? Agar kupu-kupu mau mendekat sebaiknya kamu jangan terlalu dekat dengan bunga plastikmu Kamu dapat menakuti kupu-kupu tersebut sehingga kupu-kupu terbang menjauh 
Memberi Makan Kupu-Kupu

CATATAN
Kupu-kupu mirip dengan ngengat Kedua serangga ini tergolong dalam ordo Lepidoptera, yang artinya serangga bersayap sisik (berasal dari kata lepis artinya sisik dan pteron artinya sayap). Meskipun demikian, kupu-kupu dapat dibedakan dari ngengat berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kuu umumnya aktit di siang hari, sedangkan ngengat aktif di malam hari. Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, sedangkan ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu memiliki warna yang indah cemerlang, sedangkan ngengat cenderung gelap, kusam, atau kelabu. Kupu-kupu hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/sari kembang). Kupu-kupu dikenal sebagai hewan penyerbuk, yang membantu perkembangbiakan tanaman berbunga. Bagi petani, kupu-kupu ini sangat bermanfaat. 

HASIL EKSPERIMEN
Air gula mirip dengan nektar yang dihasilkan olelh bunga. Nektar atau sari bunga adalah cairan manis kaya dengan gula yang dihasilkan bunga tumbuh- tumbuhan sewaktu mekar. Aroma manis dari nektar dapat menarik kedatangan hewan penyerbuk, seperti serangga. Nektar inilah yang merupakan sumber makanan bagi serangga, seperti kupu-kupu. Warna kelopak bunga yang menarik dan terang, juga menarik perhatian kupu-kupu untuk mendatanginya. Aroma manis larutan gula dan warna bunga plastikmu akan menarik kupu-kupu untuk hinggap di bunga plastikmu Kupu-kupu akan minum air gulamu melalui kapas di dasar gelas. Untuk minum air gula dari gelas bungamu ataupun dari nektar bunga sungguhan, kupu-kupu mempunyai saluran tabung panjang yang dinamakan probosis. Pada bunga sungguhan, nektar dihasilkan kelenjar nektar yang terletak di dasar perhiasan bunga (perianthium). Ketika mengambil nektar hewan penyerbuk (kupu-kupu) menyentuh kepala saribunga itu. Itulah sebabnya, kupu-kupu dapat membantu tumbuhan dalam penyerbukan.

Sumber: Mari Berekaperimen 2-R. Marsita

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, guru di SD Negeri 1 Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali


EmoticonEmoticon