Lomba Olimpiade Literasi Nasional Tahun 2017

Lomba Olimpiade Literasi Nasional Tahun 2017


Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tingkat Nasional pada tanggal 23 s.d. 27 Oktober 2017, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan 3 (tiga) cabang lomba yaitu 1. Kreativitas Cerita Berbahasa Inggris (Story Telling), 2. Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia dan 3. Lomba Debat Bahasa Indonesia. 

Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa kabupaten/kota dan provinsi tidak menganggarkan pe1aksanaan kegiatan OLSN dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB) tahun 2017, sehingga Direktorat Pembinaan SMP melaksanakan kegiatan OLSN tahun 2017 dengan ketentuan sebagai berikut: 

Pola Lomba 
Pola Pelaksanaan lomba yang sebelumnya dilaksanakan berjenjang yakni, (1) tingkat kabupaten/kota, (2) tingkat provinsi dan (3) tingkat nasional berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tahun 2017 menjadi pengiriman naskah dari sekolah langsung ke panitia pusat OLSN SMP. 

Persyaratan Keikutsertaan Peserta: 
  1. Tertuang dalam Panduan Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) yang dapat diunduh di ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik klik kegiatan klik OLSN. 
  2. Siswa hanya mengirimkan l (satu) naskah untuk 1 (satu) lomba yang akan diikuti. 
  3. Siswa melakukan pendaftaran daring iregistrasi online) sebelum mengirimkan naskah. 
  4. Naskah yang dikirim disertai dengan Surat Pengantar dari Kepala Sekolah dan biodata peserta yang telah dicetak melalui proses registrasi daring. 
  5. Naskah yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penulis naskah.
Pendaftaran Daring 
Peserta harus mendaftarkan diri secara daring (online) dan mengirimkan naskah lomba dalam format registrasi pada larnan ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik klik registrasi. 

Seleksi Penilaian 
Penilaian tingkat nasional mencakup dua tahap: 

  1. Tahap I: Seleksi Makalah untuk Penentuan Finalis. Peserta dapat langsung mengirimkan naskah ke Panitia OLSN SMP Pusat Tahun 2017 sesuai batas waktu pengiriman. 
  2.  Tahap 2: Panitia akan mengumumkan Final is OLSN SMP Tahun 2017 Tingkat Nasional pada 3 (tiga) cabang lomba yang telah melalui proses penilaian naskah oleh para juri. Para finalis akan melalui proses penilaian tingkat nasional dengan beberapa persyaratan yang akan diinformasikan selanjutnya. 
Ketentuan Penulisan Naskah Tahap I 

Ketentuan penulisan naskah 3 cabang lomba. 

Batas Pengiriman Naskah 
Semua naskah asli untuk seleksi tahap I telah diterima oleh panitia selambat-larnbatnya 31 Agustus 2017.

Pengumuman Final is OLSN Tingkat Nasional 
Pengurnuman akan diunggah rnelalui laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik pada tanggal 20 September 2017 dan akan dikirim ke Dinas Pendidikan Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

Pengiriman Naskah 
Naskah lomba dikirimkan ke: Panitia OLSN SMP Tahun 2017 Up. Kegiatan Bakat dan Prestasi Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud Komplek Kemdikbud, Gedung E Lantai 17 JI. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 

lnformasi lebih lanjut terkait pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) dapat menghubungi email: bakatprestasi.psmp@kemdikbud.go.id dan telepon (021) 5725683, 57900459, atau sekretariat lomba 0877-81037040.

Juknis Lomba Olimpiade Literasi Nasional Tahun 2017

No comments

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.