Solusi userID dan Passwod Tidak Sesuai di SIM PKB 2017

Solusi Salah Password di SIM PKB 2017

Selalu cek dan update data di SIM PKB menjadi kewajiban masing-masing guru. Hal ini akan berkaitan erat dengan palaksanaan Uji Kopetensi Guru (UKG) dan Pengembangan Kepropesian Berkelanjutan (PKB). Segala jenis pengumuman, nomor peserta, dan rapor UKG terdapat dalam website tersebut.

Namun, terkadang guru mengalami kesulitan dalam membuka SIM PKB. Salah satu alasannya adalah, tidak bisa login karena userID dan Password yang tidak sesuai. Berikut ini beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi userID dan Password yang tidak sesuai.

Teliti melihat username dan password
Username dan password biasanya diberikan oleh ketua komunitas berupa surat pemberitahuan akses . Terkadang guru tidak cermat dalam membaca angka dan menuliskan password yang ada dalam surat tersebut. Salah penulisan angka, maupun password akan berimbas kepada userID dan Password yang tidak sesuai.

Menuliskan username dengan lengkap
Di dalam form login SIM PKB, memang diberikan pilihan antara memasukkan nomor UKG dan email. Nomor UKG guru adalah dua belas dijit awal dari email yang diberikan dalam surat pemberitahuan akses layanan. Sebagai contoh username SIM PKB adalah 201500819412@guruku.id maka Nomor UKG kita adalah 201500819412. Jika terbiasa hanya memasukkan nomor UKG di form login, cobalah untuk memasukkan lengkap dengan @guruku.id

Meminta softcopy surat pemberitahuan akses layanan
Walaupun surat pemberitahuan akses layanan biasanya diberikan berupa hardcopy (printout) tidak ada salahnya untuk meminta sofcopynya. Sehingga dalam login kita bisa langsung dengan melakukan copy paste.

Meminta surat pemberitahuan akses layanan yang baru
Jika solusi di atas belum bisa membuat kita login ke SIM PKB, segera hubungi ketua komunitas untuk mencetakkan surat pemberitahuan akses layananan yang baru. Hal ini karena perubahan sistem data base pada website SIM PKB, yang akan menyebabkan berubahnya password untuk masing-masing akun. Dan ini yang paling sering terjadi.

No comments

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.