PLPG untuk Guru S2 Tahun 2017

PLPG untuk Guru S2 Tahun 2017


Dalam rangka memberikan apresiasi kepada guru berprestasi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah memberikan penghargaan kepada guru yang memiliki prestasi akademik untuk mengikuti PLPG tahun 2017 melalui jalur prestasi sebagaimana surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 17504/B.B4/GT/2017 tanggal 15 Juni 2017 perihal Pendaftaran Peserta Sertifikasi Guru Jalur Prestasi. Sejalan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan membuka kesempatan kepada guru yang telah memiliki kualifikasi akademik S2 untuk mengikuti PLPG tahun 2017 melalui jalur kualifikasi akademik S2 dengan kuota sejumlah 1.000 orang. 

Ketentuan 
  1. Caton peserta telah dinyatakan lulus S2 dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi program studi Pasca Sarjana minimal B, dibuktikan dengan ijasah S2 yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan. 
  2. Memenuhi persyaratan peserta sertifikasi sebagaimana terlampir. 
  3. Peserta mendaftarkan diri dengan menyerahan berkas sebagaimana terlampir ke LPMP untuk diverifikasi dan validasi kelayakan sebagai peserta. 
  4. Waktu penyerahan berkas dimulai tanggal 27 Juli 2017 dan paling lambat tanggal 4 Agustus 2017 diterima LPMP masing-masing propinsi.
A. Persyaratan Peserta
  1. Memiliki NUPTK yang dinyatakan aktif pada data Dapodik dengan dibuktikan surat keterangan Kepala Sekolah. 
  2. Belum memiliki sertifikat pendidik. 
  3. Memiliki kualifikasi Akademik S2 dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang linier dengan kualifikasi akademik Sl yang telah dimiliki dibuktikan dengan melampirkan fotokopi Ijazah dan fotokopi transkrip nilai S-1/D-IV dan S-2 yang telah dilegalisasi dari perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah. 
  4. Memiliki status sebagai guru tetap (GT) dibuktikan dengan surat keputusan sebagai guru PNS/Guru tetap. Bagi GT bukan PNS pada sekolah swasta melampirkan SK Pengangkatan dari yayasan minimum 2 tahun terakhir berturut-turut pada yayasan yang sama dan Akte Notaris pendirian Yayasan dari Kementerian Hukum HAM. Sedangkan GT bukan PNS pada sekolah negeri melampirkan SK pengangkatan sebagai guru honor tetap dengan gaji bersumber pada APBD dari pejabat yang berwenang (Bupati/Walikota/ Gubernur) minimum 2 (dua) tahun terakhir berturut-turut. Bukti telah memenuhi persyaratan ini adalah Fotokopi SK sebagai guru, mulai SK pengangkatan pertama hingga SK terakhir yang dilegalisasi oleh atasan langsung/pejabat terkait. 
  5. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan melampirkan fotokopi SK pembagian tugas mengajar dari kepala sekolah 2 (dua) tahun terakhir. Masa Kerja sebagai guru minimal 2 (dua) tahun per 1 Januari 2017. Bagi guru yang melaksanakan tugas belajar pada 2 (dua) tahun terakhir dapat diperhitungkan sebagai masa kerja (melampirkan bukti tugas belajar dari pejabat yang berwenang). 
  6. Pada tanggal 1 Januari 2018 belum memasuki usia 60 tahun. 
  7. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah. 
Dokumen persyaratan di atas merupakan berkas yang harus diserahkan ke LPMP di provinsi masing-masing untuk diverifikasi dan divalidasi kelayakannya sebagai peserta.


B. Proses dan Jadwal Pendaftaran Calon Peserta PLPG Jalur Kualifikasi Akademik S-2 

  1. Guru menyiapkan dokumen persyaratan dan menyerahkan ke LPMP setempat mulai 27 Juli s.d 4 Agustus 2017. Dalam kondisi tertentu dimungkinkan LPMP berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota setempat terkait pengumpulan berkas calon peserta 
  2. LPMP melakukan verifikasi, validasi, dan perbaikan data yang diperlukan kemudian menyetujui hasil verifikasi utk ditetapkan sebagai calon peserta sertifikasi. Persetujuan paling lambat tanggal 11 Agustus 2017. 
  3. LPMP melakukan verifikasi data terkait dengan penetapan bidang studi sertifikasi guru yang diusulkan guru. Bidang studi tersebut linier dengan kualifikasi akademik S-1 yang dimiliki. 
  4. Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota mencetak Format Al dan mendistribusikan kepada peserta paling lam bat tanggal 12 Agustus 2017. 
  5. LPMP mencetak Al duplikat untuk disertakan dalam berkas peserta. 
  6. LPMP mengirim berkas peserta yang telah ditetapkan sebagai peserta PLPG tahun 2017 ke LPTK yang ditetapkan paling lam bat 30 Agustus 2017. 
Penetapan peserta PLPG dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui proses perankingan berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kualifikasi akademik S-2 dan usia calon peserta.

Berikut merupakan surat edaran Pendaftaran Peserta PLPG Tahun 2017 Bagi Guru yang Telah Memiliki Kualifikasi Akademik S2.


44 comments:

  1. Replies
    1. Guru PAI di bawah naungan Kemenag. Coba tanyakan ke Depag Kabupaten/kota. Kalau surat di atas dikeluarkan oleh dirjen GTK. Semoga bisa membantu...

      Delete
  2. Saya guru SMA diLampung.Berkas langsung diserahkan ke plmp atau ke dinas provinsi? Tkrimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanyakan dulu ke dinas Pendidikan Provinsi Bu. Apakah ada yang menangani PLPG dari jalur prestasi (S2). Kalau tidak, langsung ke LPMP saja Bu...

      Delete
    2. Dari suratnya, harusnya di dinas pendidikan Provinsi ada yang menangani Bu...

      Delete
  3. Selamat malam pak, nuptk saya blm keluar, apakah bs dgn pegid utk syarat plpg 2017 utk s2 ni pak? Mohon bantuannya.. terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Selamat malam pak, nuptk saya blm keluar, apakah bs dgn pegid utk syarat plpg 2017 utk s2 ni pak? Mohon bantuannya.. terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Selamat malam pak, nuptk saya blm keluar, apakah bs dgn pegid utk syarat plpg 2017 utk s2 ni pak? Mohon bantuannya.. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam persyaratan peserta pada point satu mengharuskan memiliki NUPTK yang dinyatakan aktif pada data dapodik Ibu...

      Delete
  6. Saya mengajar Produktif TKJ, S1 Komputer, S2 Teknologi Pendidikan, bisa tidak mengikutinya pak??? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memenuhi persyaratan sperti yang tertuang dalam surat edaran di atas, silakan bawa berkas ke dinas pendidikan kabupaten/kota (Guru TK, SD dan SMP) atau dinas pendidikan Provinsi untuk guru SMA/SMK...

      Delete
  7. Pak saya msh blm dpt ijazah S2 krn baru selesai sidang tesis apakah bisa pakai SKL dan S1 Sy b.arab S2 MPI apakah bisa dftr pak? Trmksh sebelumnya

    ReplyDelete
  8. Pak saya msh blm dpt ijazah S2 krn baru selesai sidang tesis apakah bisa pakai SKL dan S1 Sy b.arab S2 MPI apakah bisa dftr pak? Trmksh sebelumnya

    ReplyDelete
  9. Pak saya msh blm dpt ijazah S2 krn baru selesai sidang tesis apakah bisa pakai SKL dan S1 Sy b.arab S2 MPI apakah bisa dftr pak? Trmksh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam syarat ditentukan bahwa yang diserahkan adalah fotocopy ijazah yang telah dilegalisir. Untuk lebih pasti, silakan bertanya ke dinas pendidikan atau LPMP di Provinsi masing-masing...

      Delete
  10. Pak S1 dan S2 saya bahasa inggris tp penempatan mengajar saya di SD bolehkah saya mendaftar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada salahnya untuk dicoba mendaftar... Biarkan nanti dinas dan LPMP yang akan menentukan...

      Delete
    2. bawa berkasnya ke lpmp apa ke dinas

      Delete
  11. permisi, apakah surat edaran ini valid? kabarnya lpmp belum ada melaksakan tes ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Valid Pak. Silakan crosscek ke dinas pendidikan masing2.. Saya dapat info dari dinas Pendidikan juga...

      Delete
  12. Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatu, saya guru honorer di sekolah negeri suda 10 tahun, sk dikeluarkan pihak sekolah, selama saya menjadi guru honor belum ada kebijaksanaaan pemerintah setempat untuk mengeluarkan sk bupati, apakah saya ada kebijaksanaaan untuk ikut PLPG? Berkas yang lainnya Alhamdulillah suda terpenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila belum memiliki SK, kemungkinan besar belum bisa mengikuti kegiatan PLPG tersebut Pak. Untuk sekolah negeri, yang mengeluarkan SK dari Bupati. Sedangkan untuk swasta, SK dikeluarkan oleh yayasan...

      Delete
  13. Pengumuman hasil seleksi nya melalui web atau di telpon y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota untuk SD dan SMP dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk guru SMA dan SMK... Bisa juga dicek melalui website sergur (http://ap2sg.sertifikasiguru.id)... :)

      Delete
  14. pak, akreditasi universitas saya c. apakah bisa ikut plpg pak

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum.
    Dari keterangan informasi, data saya sudah diverifikasi dan di situ dinyatakan bahwa sdh masuk calon peserta PLPG 2017, dan masuk kuota apabila sdh cetak A1, dan berdasarkan surat di atas distribusi A1 paling lambat 12 Agustus 2017. Tapi smpai skarang blum ada kabar dan sdh sy tanyakan ke Dikbud Kabupaten katanya blum bisa cetak krn data belum verifikasi.
    Mohon pencerahannya.
    Karena menilik dari kalimat
    " Masuk kuota jika sudah cetak A1" artinya cetak dulu a1 baru bisa masuk kuota. Ataukah saya salah arti. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu Pak. Senin kemungkinan A1 sudah akan keluar...

      Delete
  16. Pak Putra.. Apakah nantinya program PLPG jalur S2 ini berkelanjutan setiap tahunnya pak? Soalnya kemarin NUPTK saya belum keluar. 😥 Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Pak, ini merupakan kebijakan Kemendikbud melalui dirjen GTK. Saya sendiri belum mengetahui apakah kebijakan akan bselanjutnya atau tidak. Soalnya di Dirjen GTK sudah berganti nakhoda...

      Delete
  17. maafpak mohon informasinya apakah PLPG S-2 ini pakai pra kondisi lagi?
    kemudian apakah prosesnya disatukan dengan peserta PLPG jalur reguler?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk teknis PLPG, saya juga belum mengetahui....

      Delete
  18. Selamat pagi Pak Putra,
    Mohon infonya Pak, apakah informasi lolos/tidaknya berkas plpg jalur s2 sudah bisa kami lihat? Jika kami ingin melihat, di mana ya Pak? Terima kasih, salam sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk guru SD dan SMP, silakan ditanyakan langsung ke dinas kabupaten. Untuk yang SMA silakan dicek di SIM PKB atau ke dinas provinsi Pak... Kalau memang belum ada, bisa ditanyakan ke LPMP...

      Delete
  19. Pak mau tanya, untuk pengambilan kode aktivasinya plg lambat kapan nggih pak? Sy baru buka pengumumannya di web mlm ini, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi dinas Pak. Yang mengelola dinas dan LPMP...

      Delete
  20. Assalamualaikum pak Santoso...
    Kalau mau liat verifikasi kelulusan plpg dimana ya pak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Saya baru dapat kabar. masih bisa daftar lagi dk??? kpn lagi ada sperti ini??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin nanti akan ada lagi Pak... :)

      Delete
    2. Ksih kbar y pak in WA saya 085266611147. Mksih infony pk

      Delete
  22. Assalamu'alaikum wr. wb... Selamat siang Pak... Bagaimana saya bisa melihat kalau saya lolos atau tidak untuk PLPG 2017 dari jalur S2. Sebab saya sudah mengumpulkan berkas ke Dindikbud Jateng tetapi belum ada kabar saya terdeteksi masuk nominasi calon PLPG 2017 dari jalur S2 atau tidak? mohon informasi nya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr. wb..

    ReplyDelete
  23. Assalamu'alaikum wr. wb... Selamat siang Pak... Bagaimana saya bisa melihat kalau saya lolos atau tidak untuk PLPG 2017 dari jalur S2. Sebab saya sudah mengumpulkan berkas ke Dindikbud Jateng tetapi belum ada kabar saya terdeteksi masuk nominasi calon PLPG 2017 dari jalur S2 atau tidak? mohon informasi nya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr. wb..

    ReplyDelete
  24. Assalamu'alaikum wr. wb... Selamat siang Pak... Bagaimana saya bisa melihat kalau saya lolos atau tidak untuk PLPG 2017 dari jalur S2. Sebab saya sudah mengumpulkan berkas ke Dindikbud Jateng tetapi belum ada kabar saya terdeteksi masuk nominasi calon PLPG 2017 dari jalur S2 atau tidak? mohon informasi nya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr. wb..

    ReplyDelete
  25. Daftar yg masuk kuota 1000 peserta sdh ada blm y..?

    ReplyDelete

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.