Benarkah adaptasi bunglon disebut memikri?

Adaptasi bunglon


Dalam buku ajar IPA sekolah dasar, sering kita temukan pernyataan bahwa perubahan warna kulit bunglon sesuai dengan lingkungannya disebut dengan mimikri. Namun apakah pernyataan itu benar? Untuk mengetahui jawabannya bacalah uraian berikut ini.

Dalam wikipidia dijelaskan bahwa mimikri merupakan proses evolusi yang terjadi pada spesies yang menyerupai spesies lainnya. Contohnya adalah lalat bunga yang tidak memiliki sengat melakukan proses mimikri menyerupai tawon untuk menakuti musuhnya.

Dalam  scienceline.ucsb.edu disebutkan bahwa mimikri dilakukan oleh hewan untuk terlihat jelas, tidak menarik atau menakuti predatornya. Contohnya kupu-kupu Monarch dan kupu-kupu Viceroy. Kupu-kupu Viceroy merupakan kupu-kupu yang tidak beracun. Oleh karena itu, dia menyerupai kupu-kupu Monarch yang beracun. Hal ini menyebabkan predator tidak memangsanya.


Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan apa yang dilakukan oleh bunglon bukan merupakan contoh dari mimikri. Hal ini disebabkan karena bunglon mengubah warna kulitnya dengan tujuan agar tidak terlihat oleh predatornya. Peristiwa ini disebut dengan kamuflase.

No comments

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.