Diklat Reguler SEAMEO QITEP IN SCIENCE 2017


Gambaran Umum 

Setiap tahunnya, SEAMEO QITEP in Science menyelenggarakan diklat bagi Guru dan Tenaga Kependidikan dibidang IPA se-Asia Tenggara. Kami memberikan beasiswa/scholarship bagi 20 peserta dalam negeri yang lolos seleksi (berupa bebas biaya program, akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama diklat). 

Diklat reguler ini hanya memiliki kuota 30 orang, dengan komposisi 20 orang peserta Indonesia (dipilih melalui seleksi oleh SEAMEO QITEP in Science) dan 10 orang peserta dari negara anggota SEAMEO/Asia Tenggara (dipilih/dinominasikan oleh Kementerian Pendidikan di negara yang bersangkutan). 

Diklat/training course yang akan kami selenggarakan di tahun 2017 adalah: 
  1. Earth and Space Science (Kode: ESS) Bandung, 04 s.d. 13 Juli 2017 Diklat ilmu bumi dan antariksa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang materi bumi dan antarika. Diklat ini meliputi sesi materi juga hands-on activity yang akan digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Diperuntukkan bagi: guru IPA, fisika, dan geografi jenjang SMP-SMA.  
  2. Environmental Education for Sustainable Development (Kode: EESD) Bogor, 04 s.d. 13 Juli 2017 Diklat pendidikan lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk membagikan kegiatan best practice terkait ilmu, kemampuan dan nilai-nilai lingkungan hidup, dan juga mengintegrasikan isu pembangunan berkelanjutan kedalam pembelajaran sains siswa. Diperuntukkan bagi: guru SD, guru IPA, biologi dan kimia jenjang SMP-SMA. 
  3. Science Classroom Supervision (Kode: SCS) Bandung, 04 s.d. 13 Juli 2017 Diklat pengawasan kelas IPA bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas tenaga kependidikan dengan menerapkan school based management. Diperuntukkan bagi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan pengawas sekolah semua jenjang. 
Persyaratan Umum 

Persyaratan umum untuk mengikuti proses seleksi adalah:
  1. usia tidak lebih dari 52 tahun, 
  2. mengerti bahasa Inggris minimal pasif, 
  3. BELUM PERNAH mengikuti diklat reguler yang kami selenggarakan dalam jangka waktu 2 tahun terakhir (akan dilakukan verifikasi data alumni), 
  4. aktif mengajar di sekolah sebagai guru, atau aktif di MGMP, atau MKKS, dll, dan 
  5. berbadan sehat dan tidak sedang mengandung. 
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar 

Sebelum melakukan pendaftaran online, pendaftar sebaiknya memahami hal-hal dibawah ini: pendaftar sudah membaca persyaratan dan memenuhi persyaratan tersebut; 
  1. pendaftar tidak pernah berpartisipasi dalam diklat reguler manapun dalam jangka waktu 2 tahun terakhir; 
  2. pendaftar berasal dari sekolah dasar/menengah atau sederajat (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK) atau sesuai dengan persyaratan khusus tiap diklat; 
  3. pendaftar aktif mengajar atau bertugas (bagi tenaga kependidikan seperti laboran, kepala lab, kepsek, dll); 
  4. pendaftar yang sedang izin belajar dan ingin mendaftar wajib melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah/institusi atau atasan langsung di dalam motivation letter; 
  5. pendaftaran terbuka bagi PNS, non-PNS dan honorer baik sekolah negeri, madrasah, ataupun swasta; 
  6. calon peserta berkewarganegaraan Indonesia dan tinggal di Indonesia; 
  7. pendaftar boleh berasal dari sekolah yang sama, namun hanya akan dipilih satu dari tiap sekolah; 
  8. pendaftar mandiri maupun pendaftar rekomendasi akan tetap dipilih melalui tahap seleksi dengan persyaratan dan kriteria yang sama; 
  9. pendaftar yang tidak lolos dan ingin ikut serta dalam proses seleksi diklat lainnya akan tetap mengikuti proses seleksi dari tahap awal, bersama dengan pendaftar lainnya; 
  10. tidak diperkenankan mendaftar bagi pendaftar yang memiliki ikatan suami-istri atau ikatan keluarga satu sama lain dalam satu diklat di waktu yang sama, terkecuali untuk mendaftar dalam diklat yang berbeda; dan 
  11. hasil keputusan seleksi berifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 
Ketentuan bagi Peserta Terpilih

  1. Pengumuman Resmi 20 orang peserta terpilih tiap diklat akan langsung dihubungi oleh panitia melalui telepon dan mendapatkan undangan resmi melalui e-mail. Peserta yang tidak dihubungi hingga 2 minggu sebelum diklat artinya tidak lolos seleksi. 
  2. Innovation/Implementation Report Peserta terpilih akan diminta membuat innovation/implementation report (detilnya akan diinformasikan dalam undangan), yaitu karya berupa paparan best-practice, penelitian, ataupun PTK/PTS (Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah) dengan tema dan format yang sudah ditentukan. 
  3. Transportasi Peserta terpilih yang berada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan DKI Jakarta diwajibkan menggunakan transportasi darat (kereta, bus, travel, dll). 
  4. Konfirmasi Kehadiran Peserta terpilih harus mengkonfirmasi kesediaan hadir sebagai peserta maksimal 2 minggu sebelum diklat berlangsung melalui telepon atau e-mail.  
  5. Diskualifikasi Diskualifikasi atau pembatalan keikutsertaan akan dijatuhkan pada peserta, bila: (1) terbukti melakukan pemalsuan data/identitas; (2) terbukti melakukan plagiarisme/penjiplakan terhadap karya atau hak kekayaan intelektual orang lain di dalam innovation/implementation report; (3) diketahui sebagai alumni salah satu training course (diklat reguler) sebelum melewati masa jeda (2 tahun); (4) tidak mendapatkan izin dari atasan langsung (kepala sekolah, yayasan atau dinas); dan (5) tidak hadir lebih dari 2 hari pada masa diklat. 
Larangan Peserta Terpilih tidak diperkenankan untuk:
  1. membawa anak, teman, pengasuh atau anggota keluarga selama diklat berlangsung; 
  2. meninggalkan sesi diklat dalam waktu lama tanpa izin penyelenggara; 
  3. keluar dari tempat diklat tanpa izin penyelenggara (peserta yang memiliki keperluan harap memberitahu penyelenggara sebelumnya); 
  4. membawa senjata tajam ke tempat diklat; dan 
  5. merokok dan makan selama sesi diklat berlangsung.

Pendaftaran Online 

Bagi peminat yang memenuhi persyaratan dan ingin mengikuti seleksi diharapkan melakukan pendaftaran online dan melengkapi dokumen untuk seleksi administrasi melalui tautan berikut: 
  1. Earth and Space Science : http://bit.ly/esstraining17 
  2. Environmental Education : http://bit.ly/eesdtraining17 
  3. Science Classroom Supervision : http://bit.ly/scstraining17 
Jika tautan di atas tidak dapat diakses, calon peserta dapat mengakses tautan alternatif di website kami www.qitepinscience.org.
Dokumen yang harus diunggah meliputi Motivation letter (max. 3 paragraf), pas foto berwarna dan jika ada, scan hasil tes/surat keterangan kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahan pertimbangan seleksi. 
Batas akhir pendaftaran online selambat-lambatnya tanggal 12 Mei 2017. 
Calon peserta yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan seleksi wawancara yang dilakukan melalui telepon. 
Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat. Seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.  

Lain-Lain 
Hal-hal yang belum tertulis akan diatur kemudian. Untuk pertanyaan dan informasi lainnya, dapat menghubungi contact person:


Bapak Dian Purnama
Divisi Program dan Pelatihan
Telepon : 022-4218739
Handphone : 0895336416974
Email : training.qis@gmail.com

Informasi program dan kegiatan lainnya, ‘like’: www.facebook.com/qitepscience 
Website: www.qitepinscience.org

No comments

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.