Melatih Daya Ingat dengan Game Android “Cocokkan!”

Melatih Daya Ingat dengan Game Android "Cocokkan"


Daya ingat adalah kemampuan untuk mengingat kembali peristiwa atau pengalaman yang sudah lewat. Daya ingat yang dimiliki oleh seseorang berbeda satu sama lain. Hal ini disebabkan oleh perbedaan otak dan kemampuan yang dikembangkan oleh masing-masing orang. 

Menurut penelitian, otak manusia beratnya 1,5 kg dan memiliki 10 miliar sel neuron. Setiap sel neuron ini saling berhubungan dengan 10 ribu sel neuron lainnya lewat jutaan kabel dan terminal dalam otak. Otak dapat menentukan niat, pikir, emosi dan sikap kita. Semua ini adalah hasil kerja dari sel otak yang berumlah milyaran. 

Dengan banyaknya sel neuron yang dimiliki oleh otak menyebabkan otak memiliki kemampuan yang tidak terbatas. Sebuah computer yang luar biasa canggih tidak akan bisa melampui kemampuan yang dimiliki oleh otak manusia. Sehingga para ahli sering menyebutkan bahwa otak manusia ibarat “raksasa” yang tertidur. 

Yang menjadi pertanyaan adalah, dengan memiliki kemampuan yang luar biasa hebat, mengapa seseorang masih belum bisa mengoptimalkan kemampuan otaknya? Sederhananya adalah mengapa seorang normal bisa mengalami peristiwa “lupa”? 

Lupa merupakan sebuah peristiwa yang diakibatkan oleh penurunan daya ingat. Jika peristiwa tersebut terjadi pada orang normal, hal tersebut diakibatkan karena orang itu tidak mau mengoptimalkan kerja otak. Otak yang dimiliki seseorang hanya dipergunakan sedikit kemampuannya. 

Bagaimana cara mengoptimalkan kemampuan otak? Mungkin sering pertanyaan tersebut muncul dalam benak (otak) kita. Seiring dengan banyaknya pertanyaan yang muncul, maka banyak orang yang membuat sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan otak. Mulai dari latihan yoga, pembuatan suplemen untuk otak sampai dengan metode peningkatan kemampuan otak melalui hipnotis. Dimana semua itu memerlukan biaya yang tidak murah. 

Sebenarnya ada acara yang murah untuk bisa meningkatkan kemampuan otak. Namun cara ini memerlukan sebuah kemauan/tekad yang besar pada diri masing-masing orang. Caranya adalah berusaha melatih otak untuk mengingat hal-hal yang kecil. Sebagai latihan awal, cobalah untuk mengingat no handphone sendiri, orang tua, dan keluarga. Kemudian berlahan, cobalah untuk mengingat plat nomor dari kendaraan yang ada di rumah. Biarkan otak terbiasa untuk mengingat apa yang kita temui di jalan. Jika kita sudah melatih hal tersebut, maka secara berlahan kita akan terbiasa untuk mengingat sesuatu. 

Jika hal tersebut sedikit membosankan, cobalah untuk memainkan game yang memerlukan daya ingat dalam permainannya. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, banyak game yang bertujuan melatih daya ingat beredar di playstore (bagi pengguna android). Salah satu game yang bisa dijadikan teman melatih daya ingat adalah game “cocokkan”. 

Mengapa harus cocokkan? Mungkin pertanyaan tersebut akan muncul. Jawabanlah adalah karena game cocokkan tersebut merupakan game pertama yang saya upload di playstore. Game ini mengadopsi dari game memory yang banyak berdar di play store. Game ini sangat sederhana. Kita hanya akan diajak untuk mengingat angka, hurup, warna dan aksara Bali. Dengan game ini, setidaknya mampu untuk melatih daya ingat kita, serta bisa juga dipergunakan untuk pengenalan hurup, angka, warna dan aksara Bali bagi anak-anak kita. 

Silakan klik link di bawah untuk menuju ke playstore. Atau gunakan menu search di playstore dengan mengetikkan “astawa”.

No comments

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.