Arti Logo OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Logo OSN

Sebagai seorang guru, tentu kita tidak asing deng OSN. Ya, OSN (Olimpiade Sains Nasional) merupakan sebuah ajang kompetisi bagi siswa-siswi yang memiliki potensi lebih dibidang Sains. Kompetisi ini ada dari jenjang SD (Sekolah Dasar) sampai jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas). Namun, apakah kita sudah mengenal OSN tersebut dengan baik? 

Pertanyaan yang kecil saja tentang OSN, apakah makna dari logo OSN tersebut? Memang hal kecil sih. Namun tidak ada salahnya kita mengetahuinya. Karena mungkin masih banyak yang tidak mengetahui apakah makna dari logo OSN tersebut. 

Makna dari logo OSN tersebut adalah :
  1. Lingkaran bagian kepala bergaris diagonal 3 dimensional, berwarna hitam, memiliki pengertian wawasan pengetahuan dan pemahaman persaingan global dengan membawa misi budaya nusantara serta keragamannya.
  2. Bendera Republik Indonesia Berwarna Merah dan Putih memiliki makna ciri bangsa Indonesia yang dinamis, unggul, beretika, kreatif dan inovatif. 
  3. Badan/Tubuh Pemuda/ Pemudi Indonesia dengan tangan membentang ke atas dan kaki tegap, memiliki pengertian tumbuh berkembang dengan kemandirian dan optimisme menatap ke masa depan. 
  4. Warna Abu-abu pada Bagian Atas Tubuh merupakan simbol pengetahuan dan wawasan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). 
  5. Warna Biru Tua pada Bagian Tengah Tubuh merupakan simbol pengetahuan dan wawasan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). 
  6. Warna Merah pada Bagian Bawah Tubuh merupakan simbol pengetahuan dan wawasan tingkat Sekolah Dasar (SD) 
  7. Teks Olimpiade Sains Nasional Berwarna Hitam merupakan keterangan kegiatan dan cakupan program, yaitu Olimpiade Sains Tingkat Nasional.
Demikianlah makna logo OSN. Semoga menambah pengetahuan kita.

2 comments:

  1. mohon maaf, ini desain logo tidak baik.
    1. logo bukan hal kecil (artinya) pembuatan logo itu membutuhkan disiplin ilmu yang baik, dibutuhkan referensi, research, penggunaan warna dan bentuk yang artistik serta pemaknaan simbol yang tepat.
    2.ini sangat dipaksakan!. warna merah, biru, abu2 memang simbol tingkatan jenjang pendidikan di indonesia, tapi bukan berarti di gabungkan seperti bendera, kombinasi warna itu jg menimbulkan makna representasi yang berbeda pula.
    3. bentuk kepala bulat dan bergaris diagonal 3d.. apalah...
    3. bentuk stilasi manusia yang kurang ajar.. sekian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas analisanya. Memang itu logo OSN yang lama. Sekarang sudah ada logo OSN yang terbaru. Beberapa hari yang lalu Kemendikbud sudah menyelenggarakan desain logo OSN yang baru. Sudah ada pemenangnya. Jadi logo OSN sudah diperbaharui... Cuma saya belum menemukan makna logo OSN yang terbaru...

      Delete

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.